Arti dari Air Galon dan Hal yang Anda Tak Ketahui Tentangnya

| 18 Aug 2020 11:49
Arti dari Air Galon dan Hal yang Anda Tak Ketahui Tentangnya
Ilustrasi galon (Klikdokter)

ERA.id - Ternyata galon itu bukanlah sebuah wadah seperti yang kita tahu selama ini jika membeli air minum di depot atau di toko kelontong. Galon secara universal diartikan sebagai ukuran air.

Di Amerika Serikat, galon adalah satuan ukuran. Mereka menggunakan galon atau gallon (AS) sebagai satuan ukuran untuk benda cair (selain fl.oz).

Sementara benda yang kita sebut 'galon Aqua' itu, di Amerika, dinamai 'five-gallons bottle'. Artinya, kapasitas isinya lima galon air. Lima galon, kalau dikonversikan ke dalam liter, hasilnya adalah 19 liter air. Jadi per galon, isinya 4 liter.

Itu mengapa, isi air galon dibulatkan menjadi 19 liter, bukan 20 liter, sebab mengikut dari standar yang Amerika Serikat pakai. Dispenser dan lain-lain bahkan sudah dibuat dengan pas untuk mendukung ukuran 19 liter tersebut. Jika lebih, ya, hampir pasti tumpah.

Ini yang paling unik. Galon bukan cuma soal wadah air minum. Di Medan, orang-orang tidak hanya merujuk ke galon air, melainkan SPBU. Jadi jika ada orang Medan, atau ketika anda berada di Medan dan mendengar orang berkata, "aku ke galon dulu," itu artinya dia mau ke SPBU.

Tags : yang unik
Rekomendasi