Makna Mendalam Logo Kumon yang Kerap Jadi Bahan Sindiran

Tim Editor

Logo Kumon

ERA.id - Di Twitter dulunya, sempat viral pernyataan sindiran ke seseorang yang mengatakan, "mukanya kayak logo Kumon." Setelah dicek, memang huruf "O" pada logo Kumon, tampak aneh dan lucu. Namun, bukan berarti itu tak bermakna.

Sebelum lebih jauh membahasnya, sindiran yang sempat viral itu, ditulis oleh akun Twitter @gilangwidiii. Ia menulis, "liat temen aplod foto lagi kondangan di instagram, trus ada yang komen . 'cantik ih' trus dibales 'sama sama yang lebih cantik'. pas gua liat profilenya, dua duanya ga cantik.. mukanya kayak logo kumon."

Twit itu tak disangka banyak yang sebarkan. Bayangkan, sampai tulisan ini diturunkan, satu twit itu diretweet 4 ribu kali dan disukai seribu lebih.

Sebenarnya, apa sih makna huruf "O" dari logo Kumon itu? Lambang “O” pada logo Kumon disebut dengan “The Thingking Face”. Lambang wajah ini merepresentasikan siswa, orang tua, pembimbing dan asisten, staf, dan seluruh orang-orang yang berhubungan dengan Kumon yang senantiasa berpikir dan terus berkembang.

Sejarah Kumon sendiri berawal dari anak laki-laki Toru Kumon bernama Takeshi yang sedang duduk di kelas 2 SD, mendapat nilai yang tidak bagus dalam pelajaran matematika di sekolahnya. Toru Kumon merasa, buku pelajaran di sekolah Takeshi tidak dapat membantu siswa lebih banyak.

Karena itu, Toru Kumon memutuskan untuk membuat sendiri soal-soal berhitung di dalam kertas loose leaf untuk dikerjakan setiap hari oleh Takeshi. Toru Kumon berusaha membuat soal-soal yang memungkinkan Takeshi untuk belajar secara mandiri. Inilah awal mula terciptanya Metode Kumon.

Wah, kalau begitu, artinya bagus ya, walau logo "O" yang menyerupai gambar kepala orang-orangan anak-anak sd, banyak dicibir. Asal tahu saja, desain logo Kumon ini diciptakan oleh Yonemura Work pada tahun 2001.

Sementara latar belakang berwarna biru memiliki makna kecerdasan dan kesungguhan. Warna biru ini juga mengandung pesan bahwa seluruh dunia adalah sebuah kesatuan. Info itu dilansir dari Noproblem.co.jp.

Kumon sebagai kelas belajar sendiri telah hadir di Indonesia sejak tahun 1993. Awalnya kelas-kelas Kumon hanya didirikan di Jakarta, namun seiring dengan perkembangannya, Kumon hadir di Jawa Timur pada tahun 2001 dan Jawa Barat pada tahun 2002.

Setelah itu kelas-kelas Kumon mulai didirikan di wilayah Jawa Tengah, Bali, Yogyakarta, Sumatra Utara, Sulawesi Selatan, Sumatra Selatan, Riau, Kalimantan Timur, Lampung, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Selatan, Batam, Sumatra Barat, Sulawesi Utara, Kalimantan Tengah, Jambi, Kalimantan Barat, Pangkal Pinang, Aceh, dan Nusa Tenggara Timur.

Bahan pelajaran yang tersedia di Kumon Indonesia adalah Matematika, Reading (English), dan English as a Foreign Language (EFL). Saat ini sekitar lebih dari 140 ribu siswa sedang belajar di Kumon di lebih dari 800 kelas yang tersebar di seluruh Indonesia.

Tag: pelajar indonesia pendidikan yang unik

Bagikan: