Fakta Menarik tentang Pesumo yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

| 17 Sep 2020 10:10
Fakta Menarik tentang Pesumo yang Mungkin Belum Kamu Ketahui
Sumo/Wikimedia Commons

ERA.id - Ternyata tubuh pesumo, gendutnya bukan sembarang. Para orang gendut itu menjauhkan stigma yang kerap ditimpakan pada orang gendut lainnya seperti lemah dan tidak bertenaga. Hanya modal lemak saja!

Sumo merupakan olahraga asli Jepang dan pemain sumo identik dengan lelaki yang memiliki tubuh bongsor seperti penderita diabetes. Asal tahu saja, dulu pemain sumo itu dimainkan oleh orang kurus lho.

Di awal kemunculannya, sumo bisa dimainkan oleh orang kurus namun berotot, intinya, mereka wajib kuat. Seiring berjalannya waktu, pandangan itu berubah. Akibat tidak ada pembagian kelas berdasarkan berat badan, pesumo gendut dianggap berpeluang besar untuk meraih kemenangan. Sejak saat itulah, para pemain sumo identik memiliki badan gendut.

Perut buncit pesumo memang diwajibkan, sebab kebuncitan itulah yang akan mempersulit posisi lawan ketika ingin meraih pegangan di sabuk (mawashi) saat berlaga di ring.

Sumo/Wikimedia Commons

Makanan

Gendutnya pesumo bukan berarti ia tidak menjaga makan ya. Para pesumo mendapatkan tubuh sebesar itu, mesti pula punya jadwal makan dan latihan fisik yang ketat. Jadi tidak asal besar saja dan berlemak.

Pesumo diharuskan mengonsumsi banyak kalori per harinya. Total kalori yang dibutuhkan yaitu 20.000 kalori. Artinya, bila pemain sumo punya jadwal makan 2 kali sehari, maka sekali makan mereka harus mengonsumsi 10.000 kalori. Ingat, makanan mereka sehat, bukan makanan cepat saji serta makanan dengan kadar gula tinggi.

Setelah pensiun pun, pemain sumo dianjurkan untuk rutin berolahraga agar terhindar dari risiko penyakit jantung.

Sumo/Wikimedia Commons

Beda dengan obesitas

Meski memiliki tubuh sebesar 130-180 kilogram, pesumo beda dengan tubuh obesitas lain. Penderita obesitas umumnya menyimpan lemak di dalam tubuh, tepatnya di sekitar pankreas dan hati. Lemak yang menempel ini disebut dengan visceral.

Visceral bersifat parasit yang mampu mencemari darah hingga menyebabkan peradangan. Inilah salah satu alasan mengapa penderita obesitas sering mengalami gangguan kesehatan seperti serangan jantung, diabetes, serta darah tinggi.

Pesumo menyimpan lemak di bawah kulitnya, bukan di area organ vital seperti lemak visceral, tak seperti penderita obesitas. Lebih dari itu, kadar kolesterol para pesumo juga terbilang rendah dan lemak dalam darahnya dalam kategori normal.

Sumo/Wikimedia Commons

Sumo wanita

Pernah ada pemain sumo wanita di Jepang. Kini, para perempuan dilarang memainkan permainan ini, lantaran sumo lekat dengan kekerasan dan berbahaya.

Tags : yang unik jepang
Rekomendasi