Mengenang Kapur "Sarjana" yang Fungsinya Serbaguna

| 08 Oct 2020 11:19
Mengenang Kapur
Kapur Sarjana (Kingdom Stationary)

ERA.id - Sebelum ada spidol dalam kelas, kapur merk Sarjana yang menjadi alat guru untuk mentransfer ilmu yang dipahaminya pada kita. Anak 90-an pasti tahu hal itu. rasa-rasanya unik juga kalau kita sedikit bernostalgia.

Kapur Sarjana ini fungsinya serbaguna. Bukan cuma digunakan untuk menulis di papan tulis. Melainkan bisa juga dipakai untuk melempar, mengerjai teman dengan membedkai wajahnya, dan masih banyak lagi.

Saking banyaknya yang mengenang kapur Sarjana, kapur ini kerap dijadikan meme di beranda media sosial atau grup-grup yang membahas anak 90-an.

Asal tahu saja, harga kapur sarjana 1 dus yang berwarna, yang paling mahal, dibanderol seharga Rp12 ribu. Pokoknya, tidak sampai Rp20 ribu. Soal pabrik kapur tulis Sarjana, belum diketahui pasti berada di daerah mana. Namun, distributornya adalah PT Indoresco yang terletak di Bogor.

Karena kapur banyak dikeluhkan dulu, sebab meninggalkan debu yang dihirup oleh penggunanya dan orang sekitar. Maka, PT Indoresco memproduksi kapur tulis bebas debu agar lebih aman digunakan, terlebih untuk anak sekolah dan tenaga pengajar.

Kapur Sarjana sendiri berasal dari batuan sedimen berwarna putih dan halus. Khususnya yang terutama tersusun dari mineral kalsium. Kalsium karbonat yang mendominasi gamping dan kapur tambang, kalsium oksida yang menjadi penyusun utama kapur tohor, dan kalsium hidroksida yang mendominasi kapur mati.

Menurut arkeolog, kapur dulu digunakan untuk menggambar dan menulis di dinding gua. Ternyata sudah sangat lama ya kapur itu dipakai dalam tulis menulis.

Cara membuat kapur tulis adalah menggiling kapur alami menjadi bubuk halus. Lalu, ditambahkan air dan tanah liat sebagai pengikat, serta berbagai warna kering. Kemudian, hasil campuran ini digulung menjadi silinder dan dikeringkan.

Di luar dari alat menulis, kapur juga akrab dipakai dalam bidang bangunan dan pertanian. Kapur menjadi bagian dari campuran semen karena memiliki sifat merekatkan dan mengubah penampilan. Dalam pertanian, kapur berguna dalam menyediakan unsur kalsium dan memperbaiki kemasaman tanah.

Tags : yang unik
Rekomendasi