Terkuak Alasan Mengapa Hachi Mencari Ibunya, Bukan Ayahnya

Tim Editor

Hachi (AsianWiki)

ERA.id - Kartun "Honeybee Hutch" yang pernah jadi tontonan menarik anak 90-an, sampai sekarang masih menyimpan misteri yakni ke mana ayah Hachi sebenarnya. Mengapa ia mencari ibunya, saja?

Hachi adalah seorang anak lebah yang sebatang kara. Dalam berjalan mencari ibunya, ia banyak menghadapi banyak tantangan. Selama filmnya, hanya ibunya yang disebutkan, ayahnya hampir tidak pernah.

Jika diingat lagi, potongan lagu pembuka kartunnya seperti ini:

Hachi anak yang sebatang kara

Pergi mencari ibunya

Di malam yang sangat dingin

Teringat mama...

Kartun Hachi ini, dirilis di Jepang pada tahun 1971 lalu. Mulanya, Hachi masih berupa telur, lalu sarang mereka dihancurkan oleh serangan tawon. Telur hachi terjatuh dan dia terpisah dari ibunya. Di sinilah pengembaraan itu bermula.

Lalu kembali ke pertanyaan, mengapa Hachi tidak pernah mencari ayahnya? Jawabannya, karena memang Hachi anak yatim. Kok bisa disimpulkan begitu? Sederhana, hampir semua lebah jantan memang ditakdirkan berumur pendek setelah kawin.

Lebah jantan tugasnya hanya mengawini ratu lebah saja jika akan membentuk koloni baru. Mereka kadang-kadang akan "meminjamkan" sayap mereka untuk membantu mendinginkan sarang jika terlalu panas, tetapi kebanyakan lebah jantan hanya "duduk diam" menunggu musim kawin, tak melakukan apa-apa.

Lebah jantan mempunyai sifat fisik yang lebih kecil dari ratu lebah, tetapi lebih besar dari lebah pekerja. Ciri yang menonjol adalah matanya yang besar yang terdiri dari faset yang lebih banyak dari pada faset pada mata lebah pekerja dan ratu lebah.

Lebah jantan tidak mempunyai pipa penghisap madu dan juga tidak mempunyai kantong pollen di kakinya. Sehingga lebah jantan tidak bertugas mengumpulkan pollen atau madu, lebah jantan hanya membersihkan sarang, menjaga sarang dan tugas ringan lainnya. Fungsi utama lebah jantan adalah mengawini Ratu Lebah.

Banyak lebah jantan yang mati, tak lama setelah kawin, karena testisnya lepas dan tertanam pada ovarium ratu lebah. Di samping itu, lebah jantan merupakan lebah dari telur tak terbuahi yang diberi makanan nektar dan madu biasa, dan jumlahnya hanya ratusan.

Sementara tugas untuk ratu lebah adalah bertelur selama hidupya. Perkawinan ratu lebah hanya sekali seumur hidup, dilakukan dengan cara: terbang tinggi di angkasa pada cuaca cerah dan pejantan yang bisa mengejarnya akan dapat mengawini sang ratu lebah.

Tag: kartun yang unik

Bagikan: