Video yang Terakhir Diunggah Sebelum Ki Seno Meninggal

Tim Editor

Ki Seno Meninggal, Karyanya Abadi

ERA.id -Kematian tidak pernah ditebak manusia. Demikian pula saat Ki Seno meninggal. Tak ada yang menduga bahwa dalang yang terkenal di kalangan milenial ini meninggal di usia relatif masih muda, 48 tahun. 

Dalang Ki Seno Nugroho sukses membuat milenial tetap mencintai wayang. Terinspirasi oleh Ki Manteb Soedharsono, Ia sudah mengawali karir sebagai seorang dalang pada usia 15 tahun. 

Gaya khas dalam menampilkan  Punokawan Semar, Garèng, Pétruk, Bagong  dengan guyonan yang spontan, kontekstual, aktual, dan luculah yang disukai anak muda. Bagong adalah tokoh yang sering dimanfaatkan Ki Seno Nugroho untuk menyentil persoalan-persoalan masa kini. 

Ki Seno juga membuat program wayang kulit yang bisa ditonton secara luas oleh masyarakat Indonesia dengan membuat channel Youtube. Channel Youtube Dalang Seno memiliki 450 ribu pengikut. 

Selama pandemi, Dalang Ki Seno Nugroho juga memanfaatkan platform digital untuk membuat pentas seni secara daring. Pentas luring ditiadakan karena adanya aturan pembatasan sosial, namun Ki Seno Nugroho tak berhenti berkarya. 

Sebelum Ki Seno Meninggal, channelnya bahkan masih aktif mengunggah video live streaming terbaru berjudul Pandawa Bangkit pada tanggal 2 November 2020. Tak heran jika meninggalnya Ki Dalang Seno Nugroho ditangisi oleh penggemarnya kaum milenial. 

Tag: Dalang Seno Nugroho Dalang Ki Seno Nugroho Dalang Kondang Ki Seno Nugroho Dalang Seno Nugroho Meninggal Ki Seno Meninggal

Bagikan: