Ki Seno Nugroho, Dalang yang Membuat Milenial Cinta Wayang

| 06 Nov 2020 09:35
Ki Seno Nugroho, Dalang yang Membuat Milenial Cinta Wayang
Ki Seno Nugroho, dalang yang dicintai milenial.

ERA.id - Nama Ki Seno Nugroho, dalang kenamaan dari Jogja ini sangat dikenal oleh kaum milenial yang suka budaya tradisional. Bahkan untuk milenial yang tak paham bahasa Jawa, Ki Seno Nugroho berhasil membuat mereka jatuh cinta pada wayang. 

eno Nugroho adalah dalang muda asal Yogyakarta yang dikenal sebagai salah satu dalang modern yang menyesuaikan gaya pedalangannya dengan penonton masa kini. 

Dalang kelahiran 23 Agustus 1972 itu merupakan keturunan  dalang kenamaan gaya Yogyakarta (alm) Ki Suparman Cermowiyoto. Namun, dalam pementasan wayang, Ki Dalang Seno Nugroho memadukan gaya Yogyakarta dengan gaya Solo.

Terjun ke dunia pedalangan sejak umur 10 tahun. Terinspirasi oleh Ki Manteb Soedharsono, Ia sudah mengawali karir sebagai seorang dalang pada usia 15 tahun. Gaya khas dalam menampilkan  Punokawan Semar, Garèng, Pétruk, Bagong  dengan guyonan yang spontan, kontekstual, aktual, dan luculah yang disukai anak muda. 

[read also]

- https://era.id/lifestyle/42636/alasan-dalang-ki-seno-nugroho-disukai-anak-muda

- https://era.id/lifestyle/42720/dalang-ki-seno-meninggal-karena-serangan-jantung-usai-bersepeda

- https://era.id/lifestyle/42770/ternyata-penyebab-ki-seno-meninggal-sama-dengan-ashraf-sinclair

[/read also]

Ki Seno Nugroho suka mengulik tokoh Bagong daripada Petruk. Bagong, menurut Ki Seno memiliki sifat yang meledak-ledak, spontan seperti anak muda. 

Selain itu, Dalang Ki Seno Nugroho juga dianggap kekinian  karena selama pandemi, Dalang Ki Seno Nugroho juga memanfaatkan platform digital untuk membuat pentas seni secara daring. Pentas luring ditiadakan karena adanya aturan pembatasan sosial, namun Ki Seno Nugroho tak berhenti berkarya.

 

Channel Youtube Ki Seno Nugroho, Dalang milenial ini memiliki 450 ribu pengikut. Dia bahkan masih aktif mengunggah video live streaming terbaru berjudul Pandawa Bangkit pada tanggal 2 November 2020. Tak heran jika meninggalnya Ki Dalang Seno Nugroho membuat netizen kaget sekaligus berduka. 

Rekomendasi