Pesan Ki Manteb Sudarsono untuk Putra Ki Seno Nugroho, Dalang Milenial

| 06 Nov 2020 16:45
Pesan Ki Manteb Sudarsono untuk Putra Ki Seno Nugroho, Dalang Milenial
Ki Manteb Sudarsono memberi pesan khusus untuk putra Ki Seno Nugroho, Dalang Milenial (Youtube DG CHANNEL)

ERA.id -Tiga hari setelah Ki Seno Nugroho, dalang yang dicintai kaum milenial ini berpulang, Ki Manteb Sudarsono memberikan pesan khusus pada putranya. Ki Manteb merupakan panutan Ki Seno Nugroho. Karena itu Ki Manteb berharap putra Ki Seno meneruskan usaha yang dirintis ayahnya.

“Seno itu punya bibit bagus, cucuku Gading Pawukir. Ayo nak, bapak sudah tidak ada, aku ya paham bagaimana rasanya kehilangan bapak, tapi sudahilah sedihmu,” pinta Ki Manteb dalam DG Channel. Akun DG Channel merupakan akun YouTube milik dalang asal Sragen, Ki Puthut Wijanarka. 

“Kamu tangisi seperti apapun, bapak sudah tiada. Unen-unen mengatakan mikul duwur mendem jero, dadi terusno sejarahe bapakmu. Kamu senang wayangnya Mbah Manteb, ayo belajar sama Mbah Manteb. Bapakmu dulu yang membesarkan ya aku,” lanjutnya.

“Bermain wayang lah yang baik, kalau bisa lebihi bapakmu. Ikhlaskan bapakmu, kamu yang meneruskan dharmanya,” ujar Ki Manteb yang masih terus mendalang di usianya yang cukup sepuh.

“Mau meniru bapakmu, apik. Mau meniru Mbah Mantep, ayo, kapan-kapan suk ketemu Mbah Manteb, tak ajari, mumpung Mbah Manteb masih bisa mengajari,” lanjutnya di depan Ki Putut dan Ki Joko Edan.

Saat bertamu ke kediaman Ki Manteb Sudarsono bersama Ki Joko Edan dari Jawa Timur, Ki Puthut juga menceritakan bagaimana Ki Seno Nugroho mengidolakan Ki Manteb Sudarsono. 

Ki Puthut Wijanarka membeber pengakuan Ki Seno Nugroho merasa habis ketika diminta berduet sepanggung bersama Ki Manteb Sudarsono saat pentas di sebuah perusahaan media di Yogyakarta.

“Mosok saya harus duet sama bapake (Ki Manteb), ibaratnya habis darah waktu itu,” ungkap Ki Putut menceritakan pengakuan Ki Seno bertahun lalu.

Ki Seno Nugroho mulai fanatik dan ingin mendalang serius sejak pertama kali menonton pertunjukan Ki Manteb Sudarsono di Sasono Hinggil Dwi Abad, Alun-alun Kidul Keraton Yogyakarta. Ki Seno Nugroho, dalang milenial ini dianggap mampu menjawab tantangan zaman karena menjadi pionir dalang yang pentas secara streaming di YouTube. 

Rekomendasi