Heboh Philodendron dan Keladi Ditukar Avanza, Inilah Manfaat dari Tanaman 'Sultan'

| 18 Nov 2020 08:05
Heboh Philodendron dan Keladi Ditukar Avanza, Inilah Manfaat dari Tanaman 'Sultan'
Philodendron (Foto: Instagram/@craigmilran)

ERA.idTamanan hias saat ini mendatangkan keuntungan bagi para penjual dan pecinta tanaman. Saking tingginya peminat ada beberapa tanaman hias yang dijual per helai daunnya. Semakin mahal daunnya, maka semakin mahal harganya. Seperti monstera obliqua dan anggrek hitam Papua yang dijual mencapai Rp100 hingga 250 juta.

Membahas soal tanaman hias, baru-baru ini media sosial tengah dihebohkan dengan seorang pemilik mobil yang menukar keadaannya dengan tanaman hias. Hal ini terungkap lewat laman Instagram @fakta.indo. Melalui keterangannya, akun itu mengatakan transaksi barter dilakukan di Kediri, Jawa Timur. 

"Heboh di Kediri, warga melakukan transaksi barter mobil Avanza dengan tanaman hias. Lokasi di Desa Doko, Kec Ngasem, Kediri," tulis @fakta.indo

Dalam video itu, ada dua orang pria yang saling berjabat tangan. Satunya memegang Buku Pemilik Kendaraan dengan kunci mobil yang dibawanya dan satunya lagi memegang tanaman hias. Dibelakangnya terdapat mobil Toyota Avanza berwarna hitam yang seolah dijadikan barter.

Padahal tanaman hias yang ditukar dengan mobil itu jumlahnya hanya beberapa saja. Hanya saja, bentuk dan warnanya berbeda-beda. Namun, perekam video itu mengatakan jika tanaman hias yang dijual adalah Philodendron dan Keladi.

Sayangnya, tanaman hias Philodendron dan Keladi tak dijelaskan apa jenisnya. Harga dari mobil juga tak diketahui jelas tahunnya, sehingga harganya tak bisa dikira-kira.

“Deal, sebuah unit Philo (Philodendron) dan Caladium (Keladi),” kata si perekam video tersebut.

Philodendron Birkin (Foto: Instagram/@leafygreens_)

Dilansir dari berbagai sumber, Philodendron memiliki banyak manfaat. Selain cantik dan unik, Philodendron memiliki fungsi pembentuk tanaman rumah. Tanaman ini banyak ditemukan di hutan-hutan tropis. Kehebatan dari tanaman hias ini adalah bisa menyerap polutan udara di dalam ruangan. Seperti zat polutan jika terhirup manusia dalam jumlah banyak bisa merugikan kesehatan dan berpotensi mengidap kanker.

Selain itu, Philodendron memiliki morfologi yang sangat beragam. Dimulai dari perakaran, batang, daun bunga dan biji yang memiliki sistem perakaran serabut. Bentuknya sangat bervariasi dari yang menjari, berbentuk hati, lonjong berujung lancip seperti tombak hingga membulat. 

Pada umumnya, daun Philodendron warnanya hijau. Tetapi, kini ada juga warna lain seperti ungu kehitaman, ungu muda, hijau putih, hingga kuning. Banyaknya kegunaan Philodendron, menjadikan tanaman hias satu ini bernilai ekonomi tinggi.

Keladi (Foto: Instagram/@ratudaun_nursery)

Sementara, tanaman hias caladium atau keladi memiliki banyak manfaat. Seperti mudah dirawat, memberikan warna pada taman, varietas yang banyak, warnanya yang beragam, menjadi hiasan serba guna, dan bisa dikembangkan kembali. 

Warna dan bentuk daunnya yang unik dan cantik ini disukai para pecinta tanaman hias. Inilah jadi alasan terkuat mengapa keladi dijual dengan harga yang terbilang fantastis.

Rekomendasi