Unggah Konten Puisi di Instagram, Amanda Manopo Dituding Jiplak Karya Orang Lain

| 25 Jan 2021 09:36
Unggah Konten Puisi di Instagram, Amanda Manopo Dituding Jiplak Karya Orang Lain
Amanda Manopo (Instagram Amanda Manopo)

ERA.id - Kekasih Billy Syahputra, Amanda Manopo tuai masalah atas kontennya. Konten video puisi yang diisi oleh suaranya itu dibabat habis-habisan oleh warganet di Twitter.

Bagaimana tidak, puisi yang dibacakan Amanda Manopo dalam kontennya itu, ternyata puisi milik penulis Brian Khrisna. Parahnya, puisi itu diklaim sebagai karya Amanda Manopo.

Lewat akun Twitter @briankhrisna, penulis tersebut mengeluh. "Amanda Manopo enak amat copas tulisan orang terus dikasih judul sendiri."

Keluhan ini kemudian ramai tanggapan. Meski begitu, Brian Khrisna belakangan tak merasa perlu marah dengan sikap Amanda Manopo. Ia bilang, tak apa ia mengunggah puisi tersebut asal mencantumkan kredit padanya dan tidak dikomersilkan.

"Sebenarnya dari kemarin saya ga marah sih. Komen di ig-nya pun ga marah2, pake kata maaf juga. Ga masalah kok kalau mau dipake, dibaca, diproduce asal bukan buat dikomersilkan. Tapi berkenankah kasih credit or izin dulu? Saya ga minta banyak2 kok. Hehe maaf yaa.."

Lantas puisi yang Brian yang mana, yang dijiplak oleh Amanda Manoppo? Ini dia.

Puisi di atas tersebut lalu diubah judulnya dengan nama "Titik Akhir" oleh Amanda Manoppo. Dalam video itu juga, Amanda Manoppo mencantumkan namanya sebagai pembuat puisi tersebut.

Untungnya, potongan puisi itu sudah digandakan oleh warganet sebelum akhirnya konten serupa menghilang di akun Instagram Amanda Manoppo. Diduga, konten itu dilaporkan ke pihak Instagram.

Kini, unggahan Amanda Manopo di Instagramnya berjumlah 70 yang sebelumnya 72. Terbukti, 2 konten hilang dalam akunnya usai insiden ini muncul ke permukaan.

Lalu bagaimana komentar warganet? Akun @mawarnihutapea ternyata jengkel dengan tingkah Amanda. "Kzl bgt si ini mah gilax, gue yang bukan apa2 kadang suka bikin quotes kecil di wa trs sama temen di ss tapi nama gue nya di crop, udah kesel bgt apa lagi ini yang bagus udah ada di buku. Kesel sama orang-orang macam ni."

Rekomendasi