Mengapa Kasir Alfamart dan Indomaret Berdiri Melulu Melayani Pembeli?

Tim Editor

Ilustrasi kasir Indomaret

ERA.id - Kasir Alfamart dan Indomaret kerap terlihat berdiri melulu melayani pembeli. Bahkan di tempatnya, di bilik kasir, tak disediakan kursi. Kebijakan itu mendukung kasir Alfamart dan Indomaret berdiri melulu. Memang kenapa kasir Alfamart dan Indomaret tak disediakan kursi hingga mereka berdiri melulu?

Suatu waktu, pernah disediakan kursi untuk kasir Alfamart dan Indomaret, namun belakangan tidak diperbolehkan lagi. Mengapa? Konon pernah ada kasir yang bermain ponsel sambil duduk di atas kursi yang disediakan.

Kursi kasir Alfamart/Alif Fachri

 

Saat asyik bermain ponsel, kasir itu dilihat oleh petinggi toko. Waktu itu, petinggi toko sedang menginspeksi beberapa retail modern di daerahnya.

"Setelah itu dikeluarkan peraturan tidak boleh memakai kursi di kasir lagi," ungkap Alif Fachri, eks karyawan sebuah minimarket yang tak ingin menyebutkan nama mantan tempat kerjanya.

Kata Alif, sekarang kursi hanya boleh dikeluarkan saat shift malam atau sedang lembur baik di Alfamart atau Indomaret. Jika ditanya soal mengapa karyawan tidak boleh pakai kursi, jawaban Alif diplomatis.

"Itu tidak sopan dong, masa konsumennya ngantri sampai mengular sambil berdiri, sementara kasir yang melayani duduk di kursi? Jatuhnya pemalas dan tidak lincah."

Sementara Kurniawan Agung, seorang pegawai minimarket, juga mengungkapkan perasaannya selama bekerja. "Pertama kali dulu kerja di retail, bingung juga ini kerja tidak ada kursinya. Minggu-minggu pertama rasanya kaki mau putus, tapi sekarang udah terbiasa bahkan kalau lembur bisa 12 jam berdiri. Malah aneh kalau aku liat kasir di retail yang duduk gitu," tandasnya.

Sementara Fadli Ismail, seorang pegawai sebuah minimarket, saat ditanya mengapa tak ada kursi di kasir minimarket, menjawab sekenanya, "Karena kursi hanya menghalangi dan itu terkesan tidak etis karena kelihatan malas. Lagi pula, kasir tidak selalu berada di kasir. Mereka punya mobilitas dalam tuntutan kerja mereka."

Tag: viral yang unik alfamart indomaret kasir berdiri

Bagikan: