Dampak Zat BPA pada Galon Isi Ulang Berbahaya bagi Bayi dan Ibu Hamil? Cek Penjelasannya

| 04 Jan 2021 19:01
Dampak Zat BPA pada Galon Isi Ulang Berbahaya bagi Bayi dan Ibu Hamil? Cek Penjelasannya
Ilustrasi galon (Klikdokter)

ERA.id - Sebuah akun Twitter bernama @misterespect menklaim bahwa kandungan BPA pada galon isi ulang plastik berbahaya bagi kesehatan bayi, balita, dan ibu hamil. Informasi tersebut pun sempat viral di media sosial 'burung biru' Twitter, beberapa waktu lalu.

Postingan yang telah dibagikan 797 kali dan mendapat likes sebanyak 1,1 ribu, juga sempat menyinggung bahwa galon isi ulang bermerek “Aqua” menggunakan bahan dasar Polikarbonat dan mengandung BPA, sehingga berbahaya jika digunakan.

"Gaiss… Tau nggak Zat BPA yang terkandung di Galon Isi Ulang, ternyata berbahaya bagi Bayi, Balita & Ibu Hamil! Sedihnya lagi, kita di Nina Bobokan selama ini dengan dalih bahwa galon Polikarbonat itu aman dan turut menjaga lingkungan," tulis narasi pada postingan tersebut.

Setelah ditelusuri, dilansir dari turnbackhoax.id, diketahui bahwa kandungan BPA atau bisphenol-A yang sering ditemukan pada wadah plastik, salah satunya galon isi ulang, tidak akan berbahaya selama memenuhi syarat ambang batas aman.

Dilansir dari kumparan.com, Direktur Pengawasan Pangan Risiko Tinggi dan Teknologi Baru BPOM Ema Setyawati, mengungkapkan bahwa kandung BPA pada galon isi ulang tergolong aman.

"Hasil uji kemasan pangan dari plastik PC, sampai saat ini kadar BPA-nya masih memenuhi syarat ambang batas dan aman untuk digunakan," tuturnya.

Lebih lanjut, dikutip dari antaranews.com, Ema menuturkan bahwa, selama AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) terdaftar dalam SNI (Standar Nasional Indonesia), maka dapat dikategorikan aman untuk dikonsumsi.

"Selama memenuhi syarat SNI tentu saja aman. Sesuai namanya air minum dalam kemasan, maka kemasannya pun harus aman," ungkap Ema.

Berdasarkan data yang terkumpul dapat disimpulkan bahwa kandungan BPA pada galon isi ulang tergolong aman selama mengandung batas wajar dan terdaftar SNI. Sehingga klaim pada postingan @misterespect di Twitter adalah HOAX dan termasuk kategori KONTEN MENYESATKAN.

Rekomendasi