Tak Bisa Hidup Tanpa Poligami, Kiwil Ungkap Alasan Mulia Nikahi Janda

Tim Editor

Kiwil (Foto: Instagram/@kiwil_1299)

ERA.id - Komedian Wildan Delta atau biasa dipanggil Kiwil pernah mengatakan tidak bisa menjalani hidup tanpa poligami. Hal itu juga menjadi alasan Kiwil untuk mengabulkan perceraian dari Rohimah.

Poligami sudah menjadi prinsip hidup Kiwil. Saat menjadi suami Rohimah dan Meggy Wulandari, Kiwil menceritakan poligami yang sempat dialaminya selama 17 tahun.

Selama 7 tahun pertama poligami, Kiwil mengaku hal itu tidak mudah. Berbagai konflik harus dilewati Kiwil setiap harinya. Kiwil juga membeberkan alasan dirinya menjadi pelaku poligami dengan menikahi janda.

Kiwil mengungkapkan poligami tidak bisa dipikirkan dengan cara manusia. Ia juga membantah anggapan orang-orang tentang dirinya yang memiliki banyak istri hanya untuk memuaskan nafsunya. 

Kiwil (Foto: YouTube/Orami Entertainment)

"Pertama cara pikiran manusia, kedua cara pikiran agama gitu. Yang (istri) ketiga dan keempat ini gue berpikir secara agama, bukan secara manusia," ungkap Kiwil melalui channel YouTube Orami Entertainment, dikutip Selasa (23/2/2021).

"Orang berpikir 'nafsu nih', ternyata nggak. Karena yang ketiga dan keempat ini gue mutlak karena agama, bukan karena nafsu," lanjutnya.

Sebagai pelaku poligami, Kiwil merasa bingung mengapa banyak publik yang menghujatnya karena ia menikahi seorang janda.

"Agama itu mengontrol. Gue kenapa menikah lagi? Satu, yang gue nikahin siapa? Orang pada tahu enggak yang gue nikahin janda?" kata Kiwil. 

"Gue cari (janda) yang miskin salah, gue cari yang kaya salah. Gue cari apa adanya lah yang penting janda, selesai." lanjutnya.

Janda yang dinikahi hanya mengharapkan perlindungan dari Kiwil. Semenjak menikah dengan Kiwil, mereka tidak pernah diganggu lagi.

"Notabene mereka enggak berharap apa-apa sama gue. Cuma satu, protect. Mereka sering dizalimi 'Eh janda' sekarang lo udah punya laki. Siapa laki loe? Artis, Kiwil. Alhamdulillah semenjak mereka jadi bini gue, enggak ada yang berani macem-macem," ujar Kiwil.

Bukan karena nafsu sesaat, Kiwil mengaku dirinya harus memberikan nafkah untuk keluarga, terutama anak. 

"Otak mereka berpikir 'wah banyak bini'. Mohon maaf, urusan dunia bukan cuma bercinta doang. Anaknya juga musti dipikirin, gue juga punya anak banyak," tutur Kiwil. 

Kiwil meminta kepada netizen untuk tidak menghujatnya karena menjadi pelaku poligami tidak mudah seperti orang-orang bayangkan.

"Stop lah nge-judge 'poligami enak gini gini'. Berat, gue 7 tahun perang dunia ketiga, dan loe enggak tau itu." kata Kiwil.

Tag: Kiwil kiwil poligami

Bagikan: