Deretan Kontroversi Pernikahan Poligami Para Pesohor Indonesia, Kiwil Salah Satunya

Tim Editor

Kiwil dan Istri (Kolase Instagram)

Pernikahan poligami di Indonesia selalu menuai pro dan kontra. Ada yang mendukung dan ada pula yang menolak. Tak heran jika ada orang terkenal yang diberitakan menikah poligami, masyarakat antusias membahasnya. 

Beberapa artis dan public figure di Indonesia melakukan pernikahan poligami. Banyak yang menikah dan istri-istri mereka akur. Sehingga pernikahan mereka tidak banyak disorot media. 

Ada pula pernikahan poligami para public figure yang menjadi bahasan terus-menerus karena kontroversi yang mereka buat. Berikut ini pernikahan poligami yang menjadi kontroversi. 

1. Parto Patrio

Pernikahan poligami Parto Patrio pada tahun 2004 membuat heboh pemberitaan kala itu. Bukan karena pernikahannya secara langsung, namun karena Parto Patrio membuat ulah usai menghadiri perayaan ulang tahun anaknya Eko Patrio di pintu keluar Kafe Planet Hollywood, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Sabtu (21/8/2004). 

Dia meletuskan pistol yang telah dua bulan dimilikinya. Akibatnya, puluhan wartawan ketakutan dan Parto harus berurusan dengan aparat Kepolisian Sektor Setiabudi. Peristiwa itu berawal ketika para wartawan mengerubuti Parto yang datang ke pesta ulang tahun bersama Dina, istri keduanya. 

Di pintu keluar, dia ditahan para wartawan yang hendak meminta konfirmasi kabar bahwa Parto telah sebulan tidak mengunjungi istri pertamanya. Namun, Parto tidak mau memberi keterangan. Merasa jalannya dihalang-halangi, dia marah lalu melepaskan tembakan. Dia bahkan mengaku sempat terbahak-bahak di dalam mobil usai menembak ke udara. Akibatnya, Parto dimintai keterangan polisi.

2. Aa Gym

Tahun 2006 silam, KH Abdullah Gymnastiar alias Aa Gym membuat heboh publik, karena memutuskan untuk berpoligami. Istri pertama Aa Gym saat itu, Hj. Ninih Mutmainnah alias Teh Ninih, berusaha menerima keputusan suaminya untuk menikah lagi. Namun, rumah tangga Aa Gym dengan Teh Ninih, yang dibangun selama lebih dari 20 tahun, hancur, setelah Aa Gym menikah lagi dengan Teh Rini.

Aa Gym lah yang mengajukan permohonan cerai terhadap Teh Ninih, melalui Pengadilan Agama Bandung, tahun 2011 silam. Dalam persidangan terungkap alasan Aa Gym ceraikan Teh Ninih, Aa Gym merasa prinsip dakwahnya dengan istrinya berbeda. Tak hanya itu keputusan Aa Gym poligami pun menjadi masalah di antara keduanya

Beberapa bulan setelah Aa Gym dan Teh Ninih resmi bercerai, Aa Gym dibujuk istri mudanya, Teh Rini, untuk menikahi lagi Teh Ninih. Dengan mas kawin uang sebesar Rp 5 juta, Aa Gym menikahi kembali Teh Ninih. 

3. Nita Thalia

Sebenarnya pernikahan poligami Nita Thalia dengan Nurdin Rudythia selama 20 tahun terlihat selalu adem. Sejak menikah 27 Agustus 2000, Nita menerima takdirnya sebagai istri kedua. Karir dan pekerjaannya dikelola suami sekaligus suaminya. 

Nita Thalia melayangkan gugatan cerai dengan nomor perkara 2005/pdtg/2020/PAJU. Setelah menggugat cerai, persoalan nafkah mencuat. Setelah mengajukan gugatan cerai, Nita Thalia kini memilih untuk keluar dari rumah suaminya dan tinggal di kontrakan. 

Setelah itu adik Nita dilaporkan oleh istri pertama Nurdin karena menuduh pendapatan Nita Thalia digunakan untuk menafkahi istri pertama. Sengketa pernikahan poligami Nita Thalia saat ini masih dalam proses sidang perceraian. 

4. Kiwil 

Pernikahan poligami Kiwil selalu diikuti dengan drama istri-istrinya. Dua kali menikah poligami, istri-istri Kiwil selalu bergejolak. Kiwil menikahi Rohimah pada 1998 silam. Lalu ia melakukan poligami dengan Meggy Wulandari pada tahun 2003. 

Saat tahu suaminya menikah lagi, Rohimah merasa terpukul. Sempat akur selama 17 tahun poligami, Majelis Hakim Pengadilan Agama Cibinong, Jawa Barat memutus perkara perceraian antara Kiwil dan Meggy Wulandari, pada 10 Agustus 2020 lalu.

Tak lama setelah itu, Kiwil ketahuan menikah lagi dengan Eva Bellisima. Kabar tersebut terkuak dari beredarnya pernikahan siri Kiwil dan Eva di sebuah kamar hotel. Pasangan sejoli ini baru saja menghabiskan bulan madu bersama di Lombok. Hal ini terungkap dari akun Instagram Eva Belisima @evabelisima_official.

Kemesraan itu berbanding 180 derajat dengan istri pertama Kiwil, Rohimah. Setelah dipoligami lagi, Rohimah yang mendatangi Pengadilan Agama Jakarta Selatan untuk mendaftarkan gugatan cerai. Melalui Instagram pribadinya @rohimah_alli, ia memamerkan nomor antrean yang sudah diambilnya. Sebelum mendatangi pengadilan agama, Rohimah sempat mengunggah banyak quotes tentang seorang istri. Seperti istri yang tidak dihargai dan rezeki keluarga berasal dari istri.

 

Tag: Kiwil Nita Thalia Poligami

Bagikan: