Sekarang McDonald's Tak Lagi Memakai Ronald Ikon Badutnya, Tahu Tidak Alasannya?

Tim Editor

Ronald McDonald's

ERA.id - Orang-orang yang mengenal franchise ayam goreng dan makanan cepat saji lainnya, yakni McDonald's atau McD, pasti akrab dengan badutnya. Itu loh, yang jadi ikon McD, namanya Ronald McDonald's.

Tahu tidak kalau ikon badut Ronald McDonald's ini tak lagi dipakai oleh McD? Asal tahu saja, karena beberapa alasan, manajemen McDonald's memberhentikan badut Ronald sebagai maskot sejak 2016 lalu.

Apa? Belum tahu soal Ronald McDonald's? Ituloh, badut berambut kribo merah, hidung dan bibir pun sama-sama merah. Bajunya kuning dan selalu senyum semringah. Patungnya biasa duduk di luar gerai McD dan jadi tempat foto pengunjung.

Di beberapa gerai McD di Indonesia, badut Ronald seakan tak pernah lelah "menyapa" pengunjung gerai McDonald's sejak tahun 1960-an di depan pintu atau duduk di kursi kayu depan gerai.

Dikutip dari CBR, sosok Ronald McDonald's sangat berpengaruh dalam menyasar pasar anak-anak. Saking ikoniknya badut Ronald, komik dirinya pernah dibuat khusus.

Setelah komiknya beredar, beberapa karakter lain yang tak kalah lucunya dengan Ronald McDonald's, juga dijadikan sebagai maskot McDonald's yang dimulai dari tahun 1990-an. 

Maskot-maskot itu kemudian hadir dalam bentuk mini dan dijual di dalam gerai restoran. Nah, pada awal 2000-an, manajemen McDonald's lalu berpikir akan menyasar orang dewasa sebagai konsumennya. Maka dibuatlah tagline 'I'm Lovin It'.

Sejak saat itu, Ronald dan maskot lainnya hilang. Sosok Ronald McDonald's dan kawan-kawannya tak lagi dipajang depan pintu atau tak lagi menjual miniatur mini dari Ronald dan teman-temannya.

Apa alasannya? Ya, karena zaman berganti. Dulunya, badut merupakan tokoh yang sangat disenangi anak-anak. Perkembangan itu membuat badut mulai dipakai untuk karnaval dan sirkus, dipakai dalam film untuk karakter horor yang menakutkan dan dicap jahat. Dari sanalah, badut kemudian dianggap sebagai sosok mengerikan untuk anak-anak. Apalagi muncul film "IT".

Perlahan-lahan pasar mulai membentuk badut menjadi tak ramah. Hal itu pula yang membuat manajemen McDonald's memberhentikan Ronald sebagai badut ikonik. Ronald dan teman-temannya langsung ditarik dari peredaran dan tak pernah lagi muncul dalam bentuk apapun, baik itu miniatur mini ataupun promosi iklan McDonald's.

Tag: viral yang unik mcdonalds ronald mcdonalds mcd badut mcd

Bagikan: