KSAD Pastikan Atlet Bola Voli Wanita Serda Aprilia Manganang Berjenis Kelamin Laki-Laki

Tim Editor

Aprilia Manganang (Instagram) Aprilia Manganang laki-laki

ERA.idAprilia Manganang sempat menjadi perbincangan karena perihal gender. Tubuhnya yang kekar seperti laki-laki membuatnya diisukan merupakan seorang transgender.

Serda Aprilia Manganang resmi pensiun dari Timnas Voli Indonesia menjadi prajurit TNI wanita atau Kowad. Ia merupakan sersan (pangkat bintara) terhitung sejak Desember 2016.

Terkait hal itu, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jendral Andika Perkasa, hari ini  mengonfirmasi Aprilia Manganang adalah berjenis kelamin laki-laki setelah yang bersangkutan melakukan pemeriksaan medis.

Aprilia Manganang usai jalani pemeriksaan medis (Dok. Era.id/Adeia Hutasoit)

"Ini sersan Manganang dilantik menjadi bintara perpangkat sersan 2 Desember 2016 lalu, sedangkan disebelah kanannya sersan Manganang saat berolahraga," ungkap Jendral Andika Perkasa di Markas TNI AD, Jakarta Pusat pada Selasa (9/3/2021).

Jendral Andika Perkasa mengatakan Aprilia Manganang sejak lahir memiliki penyakit kelainan di bagian reproduksinya.

"Jadi seseorang yang diberi nama Aprilia Manganang tidak seberuntung kita semua. Jadi saat dilahirkan anak ini memiliki kelainan pada sistem reproduksinya yang dalam termologinga hipospadias," ujar Jendral Andika Perkasa. 

Saat melakukan pemeriksaan, rupanya organ-organ Aprilia Manganang masuk dalam kategori pria.

"Dilihat dari pemeriksaan sersan Manganang organ-organ sama seperti laki-laki, bahkan tidak ada internal wanita, sama dengan hormonal normal," tutur Jendral Andika Perkasa.

 

 

Tag: aprilia manganang pemain voli aprilia manganang aprilia manganang transgender Aprilia Manganang resmi jadi laki-laki Aprilia Manganang laki-laki

Bagikan: