Sedih dan Prihatin, Ratu Elizabeth II Angkat Bicara Soal Tudingan Rasis di Lingkungan Istana Terhadap Meghan Markle

| 10 Mar 2021 11:30
Sedih dan Prihatin, Ratu Elizabeth II Angkat Bicara Soal Tudingan Rasis di Lingkungan Istana Terhadap Meghan Markle
Ratu Elizabeth II (Instagram @theroyalfamily)

ERA.id - Ratu Elizabeth II akhirnya merespon tudingan rasis yang terjadi di lingkungan kerajaan. Ia menyebut hal itu sebagai salah satu yang mengecewakan. 

Respon sekaligus klarifikasi yang datang dari Ratu Elizabeth II muncul setelah dua hari wawancara Pangeran Harry dan Meghan Markle mencuat. 

Ratu Elizabeth II mengirimkan surat sekitar pukul 17:30 waktu London, yang diterima USA Today. Dalam surat itu, Ratu mengungkap keluarga istana sedih mendengar pernyataan Meghan dan Harry. 

“Seluruh keluarga sedih mengetahui sepenuhnya betapa menantang beberapa tahun terakhir ini bagi Harry dan Meghan,” kata Ratu Elizabeth II dalam surat ke USA Today, Rabu (10/3/2021). 

Lalu, masih dalam surat yang sama, Ratu menyoroti isu rasisme yang mengarah pada anak Harry dan Meghan, Archie. Di mana menurut pengakuan Meghan sebelumnya ada pembicaraan terkait warna kulit Archie saat lahir. 

Meghan menyebut pihak istana khawatir sekaligus takut dengan ‘seberapa gelap warna kulit’ anaknya. Hal ini berimbas pada gelar Pangeran yang tidak didapatkan oleh Archie.

Selain tuduhan rasisme, wawancara mereka juga berisi klaim bahwa Istana gagal memberi dukungan dan perlindungan ke Meghan. Di mana saat itu mantan aktris terkenal itu mengalami depresi yang membuatnya ingin bunuh diri. 

Menanggapi isu itu, Ratu Elizabeth II cukup prihatin dengan apa yang terjadi. Ia menegaskan bakal menangani masalah itu dengan serius oleh keluarga. 

“Isu yang diangkat, khususnya ras, sangat memprihatinkan. Meskipun beberapa ingatan mungkin berbeda, ingatan itu ditanggapi dengan sangat serius dan akan ditangani oleh keluarga secara pribadi,” tegas Ratu. 

Terkait keluarnya Pangeran Harry dan keluarganya yang keluar dari anggota kerajaan senior, Ratu Elizabeth II menegaskan Pangeran Harry, Meghan, dan juga Archie tetap menjadi anggota keluarga yang mereka cintai. 

“Harry, Meghan, dan Archie akan selalu menjadi anggota keluarga yang sangat dicintai,” ungkapnya.

Rekomendasi