Deretan Tradisi Unik Perayaan Paskah di Berbagai Dunia, dari Filipina hingga Vatikan

| 02 Apr 2021 12:05
Deretan Tradisi Unik Perayaan Paskah di Berbagai Dunia, dari Filipina hingga Vatikan
Tradisi Smigus-dyngus di Polandia. (Foto: Istimewa)

ERA.id - Tepatnya pada 4 April 2021, umat Kristen dan Katolik akan memperingati Hari Raya Paskah. Paskah diperingati untuk mengingat kembali kematian Yesus Kristus. Perayaan paskah selalu meriah di berbagai negara dan suasananya hampir sama dengan perayaan Natal.

Selain berburu telur, ternyata masih banyak kebiasaan dan tradisi unik Paskah yang dilakukan berbagai negara. Dilansir dari Womensday.com, berikut deretan tradisi unik perayaan paskah diberbagai dunia.  

1. San Pedro, Filipina

Filipina adalah negara yang sebagian besar beragama Katolik, jadi masuk akal jika penduduknya menganggap Paskah dengan sangat serius. Menurut DW Akademie, sebuah situs berita, setiap tahun pada hari Jumat Agung, beberapa orang di Filipina utara disalibkan untuk menghormati penyaliban Yesus. Meskipun Gereja Katolik tak menyukai praktik-praktik ini, itu adalah tradisi tahunan yang mendatangkan ribuan wisatawan.

2. Washington DC, Amerika

Selama lebih dari 130 tahun, Gedung Putih telah menyelenggarakan Easter Egg Roll di South Lawn-nya. Kegiatan utamanya adalah menggulung telur rebus berwarna dengan sendok saji besar, tetapi sekarang acara tersebut menawarkan lebih banyak hiburan, seperti grup musik, berburu telur, olahraga dan kerajinan tangan.

Easter Egg Roll

3. Australia

Pada tahun 1991, Rabbit-Free Australia meluncurkan kampanye untuk mengganti kelinci Paskah dengan Easter bilby atau bandicoot bertelinga kelinci. Di Australia, kelinci secara luas dianggap hama karena merusak tanaman dan lahan. Perusahaan sekarang membuat cokelat bilbies untuk Paskah dengan hasil yang bermanfaat bagi hewan yang terancam punah.

4. Yerusalem, Israel

Bertempat di kota tempat diyakini Yesus disalibkan, umat Kristiani merayakan Jumat Agung dengan berjalan di jalan yang sama yang Yesus lakukan pada hari ia disalibkan, menurut Tourist Israel, sebuah perusahaan pariwisata. Memperhatikan rasa sakitnya pada hari yang menentukan itu, beberapa dari mereka yang berpartisipasi memikul salib untuk mengenangnya. Pada Minggu Paskah, banyak peziarah menghadiri kebaktian gereja di Garden Tomb - area tempat Yesus dikuburkan.

5. Polandia

Menuangkan air satu sama lain adalah tradisi Paskah Polandia yang disebut Smigus-dyngus, alias Senin Basah, menurut Culture.pl, sebuah lembaga budaya yang mempromosikan budaya Polandia di seluruh dunia. Pada Senin Paskah, orang-orang mencoba membasahi satu sama lain dengan ember air, pistol semprot, atau apa pun yang bisa mereka dapatkan. Legenda mengatakan gadis-gadis yang basah kuyup pada hari Senin Basah akan menikah.

6. Meksiko

Perayaan Paskah di Meksiko bervariasi menurut wilayah selama rentang dua minggu: minggu menjelang Paskah dan minggu setelahnya. Menurut Journey Mexico, sebuah perusahaan perjalanan lokal. Di wilayah yang sangat taat beragama seperti Taxco, ada peragaan fisik Pekan Suci.

Tradisi Meksiko lainnya adalah Pembakaran Para Judas di mana orang membuat Papier-mache Judases raksasa dan meledakkannya dengan kembang api. Di sisi lain, The Culture Trip melaporkan bahwa beberapa daerah lebih memilih perayaan yang lebih sederhana, seperti prosesi diam-diam di kota atau mengunjungi 12 gereja dalam 12 hari.

Tags : paskah Salib
Rekomendasi