Tak Akan Ada di Indonesia, 5 Negara yang Bisa Dikunjungi untuk Melihat Keunikan Perayaan Paskah

| 03 Apr 2021 09:37
Tak Akan Ada di Indonesia, 5 Negara yang Bisa Dikunjungi untuk Melihat Keunikan Perayaan Paskah
Perayaan Paskah di Yunani (Dok. greece-is.com)

ERA.id - Paskah merupakan salah satu momen perayaan penting bagi umat Kristiani di seluruh dunia. Selain beribadah ke gereja, berkumpul bersama keluarga sambil menikmati hidangan yang lezat, Paskah juga dirayakan dengan berbagai macam tradisi. 

Di Indonesia, saat merayakan Paskah anak-anak akan menghias telur Paskah atau mencari telur di sekitar lingkungan gereja. Berbeda dengan Indonesia, negara-negara di bawah ini memiliki tradisi yang cukup unik untuk merayakan hari kebangkitan Yesus Kristus ini. Penasaran apa saja tradisinya? Langsung saja simak ulasannya di bawah ini, dilansir dari Womansday.com.

1. Yunani

Untuk merayakan Paskah, masyarakat negara Yunani khususnya yang tinggal di Pulau Corfu akan melempar ke jalanan perabotan rumah tradisional dari balkon lantai dua rumah mereka. Adapun perabotan rumah yang dilempar adalah panci, wajan, atau tembikar lainnya. 

Perayaan Paskah di Yunani (Dok. greece-is.com)

Tradisi melempar perabotan rumah ini biasanya dilakukan setiap hari Sabtu Suci pagi. Tradisi ini dilakukan untuk menyambut musim semi yang akan tiba dan menyambut kebangkitan Yesus. 

2. Prancis

Setiap tahunnya, Prancis akan merayakan Paskah dengan masyarakat berkumpul di Alun-alun untuk memasak dan menyantap telur dadar raksasa. Telur dadar raksasa ini biasanya dibuat dari 4.500 hingga 15.000 butir telur, yang nantinya mampu untuk dinikmati oleh lebih dari 1.000 orang. Sejarahnya, tradisi ini dilakukan sejak Napoleon dan pasukannya melakukan perjalanan melintasi selatan Prancis.

Perayaan Paskah di Prancis (Dok.  thelocal.fr)

3. Hungaria

Tradisi Paskah di Hungaria tebilang cukup unik, karena biasanya anak laki-laki akan memercikkan parfum atau air yang wangi kepada anak perempuan. Hal ini dilakukan setelah mereka menerima izin dari ibu sang perempuan. Tradisi Paskah di Hungaria ini sering disebut dengan Sprinkling. 

Perayaan Paskah di Hungaria (Dok.  bermuda.com)

Masyarakat lokal mempercayai bahwa dilakukannya tradisi ini akan membawa efek pembersihan, penyembuhan, dan peningkatan kesuburan.

4. Finlandia

Saat perayaan Paskah, anak-anak di Finlandia biasanya akan berdandan menyerupai penyihir dan akan mendatangi rumah di lingkungannya untuk meminta cokelat ataupun telur. Mereka akan mendandani diri dengan syal di wajah dan membawa ranting kecil pohon di tangan mereka.

Pada hari Minggu Paskah, masyarakat Finlandia akan membuat api unggun ketika malam tiba. Tradisi dilakukan berdasar pada kepercayaan masyarakat setempat bahwa nyala api unggun dapat mengusir penyihir yang berterbangan dengan sapu mereka.

5. Bermuda

Bermuda merupakan sebuah wilayah yang berada di seberang laut Britania Raya, Inggris. Masyarakat wilayah ini akan membuat layang-layang dan menerbangkannya saat perayaan Jumat Agung berlangsung. Kegiatan ini biasanya dilakukan pada pagi hari di pinggir pantai.

Sepanjang hari menuju Minggu Paskah, masyarakat Bermuda akan mengonsumsi ikan cod dan aneka roti lokal. Pada pagi hari Minggu Paskah, mereka akan menghadiri kebaktian yang diadakan di gereja.

Itulah beberapa tradisi unik dari beberapa negara untuk merayakan Paskah. Jadi, kalau kamu apakah punya tradisi perayaan Paskah sendiri?

Rekomendasi