Keunikan Tradisi Natal di India dan Beberapa Negara Lain

| 12 Dec 2022 23:10
Keunikan Tradisi Natal di India dan Beberapa Negara Lain
Ilustrasi pohon Natal (unsplash)

ERA.id - Secara umum, umat kristiani merayakan Natal berkumpul bersama keluarga dan makan bersama. Namun, beberapa negara memiliki tradisi yang terbilang unik, misalnya India. Apa itu tradisi Natal di India?

Sebagian umat kristiani di sejumlah negara merayakan Natal dengan cara memadukannya dengan kearifan lokal. Ini adalah hal yang umum terjadi. Namun, ada yang unik dengan perayaan Natal di India dan beberapa negara lain.

Mengenal Keunikan Tradisi Natal di India

Ilustrasi lilin Natal (unsplash)

Secara umum, pohon Natal dibuat dari pohon cemara atau pinus. Pohon ini dipilih oleh sebagian besar umat kristiani. Semakin berkembangnya zaman, beberapa orang memilih menggunakan pohon Natal yang terbuat dari plastik atau bahan yang lain, tetapi bentuknya masih pohon cemara.

Sementara, umat kristiani yang di India memiliki cara unik untuk merayakan Natal. Mereka memilih menggunakan pohon pisang dan pohon mangga sebagai pohon Natal.

Layaknya pohon Natal pada umumnya, pohon pisang dan pohon mangga yang dipilih juga dihiasi dengan berbagai ornamen yang berkaitan dengan perayaan Natal. Selain hal tersebut, perayaan Natal di negara tersebut terbilang biasa, yaitu mengikuti misa malam Natal serta berbagi kebahagiaan dengan orang lain.

Selain di India, ada beberapa negara yang memiliki cara unik dalam merayakan Natal. Berikut adalah daftar negara tersebut.

Negara dengan Perayaan Natal Unik

1.    Natal di Jepang

Hal unik dari perayaan di Jepang berkaitan dengan makanan. Umumnya, umat kristiani akan memasak sajian Natal untuk dinikmati bersama keluarga. Namun, umat kristiani di Jepang memilih Kentucky Fried Chicken (KFC).

Mereka rela mengantre panjang sebelum Natal datang demi mendapatkan ayam tepung yang berasal dari Amerika itu. Dikutip Era dari Antara, kebiasaan unik ini berkaitan dengan konsumen asing di Jepang yang mengeluh karena tidak menemukan kalkun saat musim liburan pada tahun 1970-an.

Pada tahun 1974, KFC melakukan promosi perdana "Kentucky for Christmas" berupa sekeranjang ayam goreng dan sebotol anggur. Promo ini ditujukan kepada para pasangan.

2.    Natal di Thailand

Salah satu hal yang lekat dengan Natal adalah Santa Claus. Biasanya, sosok ini dikenal sebagai orang tua yang membagikan hadiah menggunakan kereta luncur yang ditarik rusa kutub.

Namun, di Thailand hal mengalami modifikasi. Sosok Santa di negara tersebut menunggangi gajah. Santa tersebut tetap membagikan hadiah kepada anak-anak, tetapi dilakukan saat ada di atas gajah.

3.    Natal di Filipina

Persiapan perayaan Natal di Filipina dilakukan sejak Oktober. Pada bulan tersebut orang-orang akan kerap mendengar lagu-lagu rohani kristiani di berbagai tempat. Sebelum hari Natal, ada upacara kebaktian yang biasa disebut simbang gabi atau misa de gallo.

Selain itu, terdapat pula lentera khusus Natal yang dibuat dari potongan bambu, biasanya disebut parol. Potongan bambu akan dihias menggunakan kertas linen Jepang dan lampu kecil untuk memeriahkan Natal.

4.    Natal di Irak

Natal di Irak dirayakan oleh umat kristiani di negara tersebut dengan berkumpul dan bergandengan tangan sambil menyalakan lilin. Hal tersebut dilaksanakan pada malam Natal. Ketika kegiatan dilakukan, akan ada orang yang menceritakan kisah tentang kelahiran Yesus.

Setelah itu, orang-orang yang hadir melanjutkan acara dengan membakar duri-duri dari semak. Ini menjadi memiliki arti penting bagi umat kristiani di Irak sebab duri yang terbakar habis dan menjadi abu mereka artikan sebagai keberuntungan ketika tahun baru.

Itulah informasi mengenai tradisi Natal di India yang berkaitan dengan pohon Natal dan perayaan unik di beberapa negara. Natal sudah di depan mata, berbagai hal disiapkan oleh umat kristiani. 

Rekomendasi