Anggunnya Artis Indonesia Peringati Hari Kartini, Pakai Baju Tradisional Hingga Tulis Pesan Menyentuh

Tim Editor

Potret Artis Hari Kartini (Dok: Kolase Instagram)

ERA.id - Tepat pada 21 April Indonesia merayakan Hari Kartini, yang bertepatan dengan tanggal lahir pahlawan wanita Indonesia, Raden Ajeng Kartini atau RA Kartini. Bertepatan dengan hal itu sejumlah artis tanah air pun turut merayakannya dengan memakai kebaya hingga menulis pesan menyentuh. 

Perjuangan RA Kartini dalam melawan ketidakadilan terutama kesetaraan gender telah banyak menginspitasi wanita-wanita hebat di Indonesia. Bahkan sampai saat ini banyak wanita yang terut melanjutkan perjuangannya dan menegakkan keadilan. 

Mengingat akan hal itu, sejumlah artis tanah air pun mengenang perjuangan RA Kartini dengan membagikan potret manis memakai pakaian adat serta tulisan penuh makna. 

1. Dian Sastrowardoyo

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Dian Sastrowardoyo (@therealdisastr)

Aktris sekaligus produser tanah air, Dian Sastrowardoyo membagikan potret dirinya mengenakan kebaya lengkap dengan sanggul jawa. Dian terlihat manis dengan balutan kebaya berwarna hijau. 

"Selamat Hari Kartini untuk semua perempuan-perempuan hebat Indonesia," tulis Dian di keterangan.

Lalu, pemeran Cinta dalam film Ada Apa Dengan Cinta itu memberikan dukungan penuh untuk perempuan yang sedang mengejar mimpi. Bagitu juga untuk banyak perempuan yang sedang direlung gundah atas banyak pilihan. 

Ibu dua anak itu mengatakan kutipan-kutipan dari RA Kartini sampai saat ini masih sangat relevan dengan kondisi sekarang. Ia pun meminta agar peringatan Hari Kartini dirayakan dengan saling mendukung dan terus berkarya. 

"Apapun kondisi kita sekarang, mari kita rayakan hari Kartini ini dengan saling mendukung, terus berkarya, dan pastinya dengan terus membaca dan membaca lagi! Terutama membaca tulisan tulisan beliau- idola kita semua- RA Kartini," tutup Dian.

2. Titi Rajo Bintang

Titi Radjo Bintang (Instagram/titiradjopadmaja)

Musisi sekaligus aktris Titi Radjo Bintang juga turut merayakan Hari Kartini yang dibagikan di akun Instagram pribadinya. Dalam keterangannya, ia mengutip kata-kata indah tentang emansipasi.

"Banyak emansipasi wanita bukanlah untuk persamaan derajat, emansipasi adalah pembuktian diri yang seimbang antara raga yang tangguh, namun hati senantiasa patuh. Emansipasi adalah penerimaan. Penerimaan diri bahwa setiap tempat ada empu yang dikodratkan dan dipantaskan," tulisnya.

3. Ayushita

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by ᴀʏᴜꜱʜɪᴛᴀ ᴡ. ɴᴜɢʀᴀʜᴀ (@ayushita)

Ayushita merayakan Hari Kartini dengan bernostalgia lewat potret dirinya saat membintangi film Kartini bersama Dian Sastrowardoyo. Dengan balutan pakaian jawa, Ayu membagikan banyak momen saat dirinya tampil cantik dan menawan.

Bagi Ayu, merayakan Hari Kartini bukan perkara sekadar memakai pakaian adat saja, tetapi semangat dan perjuangan RA Kartini yang harus dilaksanakan selamanya. 

Ayu juga meyakini semua wanita di Indonesia memiliki jiwa Kartini yang harus terus diasah semangatnya. Tak hanya itu, ia juga mengaku masih terus belajar dan bercita-cita seperti Kartini.

"Akupun masih terus belajar dan bercita-cita ingin seperti Kartini, kekagumanku tidak pernah habis mengingat hidup beliau cukup singkat di dunia ini, namun dampak baik yang ditinggalkan di bumi Nusantara ini masih bisa kita rasakan," tegasnya. 

4. Cinta Laura Kiehl

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Cinta Laura Kiehl (@claurakiehl)

Meski memiliki darah campuran Indonesia dan Jerman, Cinta Laura rupanya tak melupakan perjuangan RA Kartini dalam memberantas ketidakadilan. Melalui Instagramnya, Cinta membagikan potret dirinya mengenakan kain batik rancangan Hagai Palolo Pakan. 

"Sebagai perempuan, aku percaya bahwa kita harus percaya diri, berani berekspresi dan menunjukan kemampuan kita. Jangan biarkan norma gender yang ada membatasi perkembangan dan kesuksesan kita. Sebagai perempuan kita mampu mencapai apapun yang kita mau. Tidak ada kata tidak bisa!" tulis Cinta.

5. Anya Geraldine

Anya Geraldine (Instagram/anyageraldine)

Influencer sekaligus aktris Anya Geraldine juga turut merayakan Hari Kartini dengan memakai gaun batik. Rambut panjang Anya terlihat terurai dengan wajah cantik natural. 

6. Fitri Tropica

Berbeda dari yang lainnya, presenter Fitri Tropica justru membagikan potret putri cantiknya, Sada Amina Hanara yang memakai baju adat.

Dalam unggahannya, Fitrop berharap anaknya kelak dipertemukan dengan kartini-kartini hebat yang bisa menjadi contoh di segala kebaikannya. Ia juga berharap agar anaknya kelak tumbuh menjadi Kartini hebat di dunia. 

"Semoga Sada di perjalanan hidupnya banyak dipertemukan dengan Kartini2 hebat yang bisa Sada contoh segala kebaikannya. Dan semoga kelak Sada tumbuh jadi Kartini yang hebat. Bahagia di dunia dan banyak bekal untuk akhirat," kata Fitrop. 

Itu lah momen perayaan Hari Kartini yang dibagikan sejumlah artis Indonesia. 

Tag: hari kartini Artis Rayakan Hari Kartini Potret Artis Hari Kartini

Bagikan: