Ustaz Zacky Mirza Divonis Usianya Tinggal 3,5 Tahun oleh Dokter: Ibu Langsung Nangis..

| 28 Apr 2021 14:00
Ustaz Zacky Mirza Divonis Usianya Tinggal 3,5 Tahun oleh Dokter: Ibu Langsung Nangis..
Ustaz Zacky Mirza (Foto: Instagram/@zackymirza_)

ERA.id - Publik dikejutkan dengan insiden Ustaz Zacky Mirza yang tiba-tiba saja pingsan saat berdakwah. Kepada Melaney Ricardo, Ustaz Zacky menceritakan kondisinya. Rupanya, kondisinya yang dialami telah terjadi dua kali.

Kejadian pertama di tahun 2015, di mana kala itu Ustaz Zacky Mirza tengah asyik menonton ceramah KH Quraish Shihab. Saat itu, Ustaz Mirza belum tahu penyakit apa yang dideritanya selama ini.

Melaney Ricardo dan Ustaz Zacky Mirza (Foto: YouTube/Melaney Ricardo)

"Kejadian kedua kalinya ini, yang pertama kali tahun 2015 saat itu posisi belum ketahuan penyakitnya," papar Ustaz Zacky Mirza, melalui kanal YouTube Melaney Ricardo, dikutip pada Rabu (28/4/2021).

Saat dicek, orang tua Ustaz Zacky Mirza diberitahu sang dokter jika anaknya menderita penyakit kekentalan darah. Setiap bulannya, sang ustaz harus melakukan flebotomi. Prosedur ini dilakukan dengan cara mengambil darah dengan memasukkan jarum ke pembuluh darah vena.

"Dokter beritahu saat itu saya ada pengentalan darah, ibu langsung nangis karena kakek meninggalnya imbas itu. Dihilangkan tak bisa, hanya bisa dikontrol," kata Ustaz Zacky Mirza.

"Tiap hari kita mengeluarkan darah supaya dibuang, bukan buat donor," lanjutnya.

Ustaz Zacky Mirza (Foto: YouTube/Melaney Ricardo)

Dilihat sesuai riwayat penyakitnya, Ustaz Zacky Mirza divonis 3,5 tahun untuk bisa bertahan hidup. Seiring berjalannya waktu, Ustaz Mirza merasa musibah itu bisa menjadi kado dalam hidupnya.

"Dokter saat itu vonis usia tinggal 3,5 tahun secara penyakit genetik, produksi sel darah merah kenceng banget. Tapi saya merasa ada kekuatan Allah SWT, saya teringat hadist Rasulullah 'kalau kita mau dibantu sama Allah, maka syaratnya satu bantu sesama manusia', pasti Allah tahu banget kebutuhan yang kita perlukan itu apa." ujar Ustaz Zacky Mirza.

"Secara manusiawi kita wajib usaha, ikhtiar. Dari situ ketika ada bencana alam, keterpanggilan hati saya itu kuat. Ini obat paling mujarab, ketika ada orang susah sebenarnya Allah lagi nunggu kamu bergerak nggak? Gerakan Tuhan itu dahsyat loh, kalau kita tak gerak ya kita rugi," ungkap Ustaz Zacky Mirza.

Saat itu, Ustaz Zacky Mirza hanya bisa menyerahkan takdirnya kepada sang pencipta. Ia juga memohon ampun kepada Tuhan dan jika dikasih kesempatan hidup, Ustaz Mirza ingin melakukan banyak kebaikan.

"Saya bilang kalau mau ambil ya ambil deh, tetapi kalau hidup lebih baik dan saya bisa minta maaf, belajar lagi tentang kebaikan, gimana Allahnya saja deh," tutur Ustaz Zacky Mirza.

Rekomendasi