Dorce Gamalama Wasiat Dimakamkan Seperti Perempuan, Ustaz Zacky Mirza: Prosesinya Harus Dikembalikan Kodrat Asli

| 03 Feb 2022 15:39
Dorce Gamalama Wasiat Dimakamkan Seperti Perempuan, Ustaz Zacky Mirza: Prosesinya Harus Dikembalikan Kodrat Asli
Ustaz Zacky Mirza (Foto: Instagram/@zackymirza_)

ERA.id - Wasiat presenter Dorce Gamalama agar dimandikan hingga dimakamkan sebagai perempuan saat 'berpulang' nanti menuai kontroversi. Sejumlah ulama hingga pemuka agama, Gus Miftah, Buya Yahya, hingga Ustaz Solmed menentang keinginan Dorce Gamalama. Pendapat dari sejumlah ulama itu mendapatkan sorotan dari pendakwah Ustaz Zacky Mirza.

Ustaz Zacky Mirza justru bersyukur lantaran banyak para pendakwah yang menyoroti wasiat Dorce Gamalama agar dimakamkan seperti perempuan. Ia bahkan senang karena sesama Muslim saling mengingatkan agar tidak berada di jalan sesat.

Ustaz Zacky Mirza (Foto: YouTube/ENDSTAR)
Ustaz Zacky Mirza (Foto: YouTube/ENDSTAR)

"Satu sisi saya melihat alhamdulillah, masalah ini masih begitu banyak dipedulikan oleh para ulama, oleh para kiai, oleh para ustaz, oleh para fikih. Artinya kita sesama Muslim ini saling menasehati," ujar Ustaz Zacky Mirza, dikutip dari kanal YouTube ENDSTAR.

"Ketika kita menasehati orang lain harus dengan hikmat dan penuh cinta, kasih sayang dan niat baik. Dengan kata-kata bijak, lembut, nah semua itu saya rasa sudah disampaikan ulama, ustaz bagaimana kajian fikih," lanjutnya.

Lebih lanjut, pria berusia 42 tahun ini juga meminta netizen untuk tidak menghujat Dorce Gamalama. Sebab, hanya Dorce yang bisa mengambil keputusannya ingin dimakamkan seperti perempuan atau laki-laki. Ia hanya meminta netizen untuk mendoakannya saja yang terbaik.

Dorce Gamalama (Foto: Instagram/@dg_kcp)
Dorce Gamalama (Foto: Instagram/@dg_kcp)

"Dengan umur sekian, kehidupan sudah dilewati. Pada akhirnya, biarkan beliau mengambil kesimpulannya, mengambil kategori hukumnya seperti apa. Tapi, kita hanya bisa mendoakan saja," paparnya.

"Mudah-mudahan dari apa yang beliau pahami, apapun beliau mengerti dari sisi hukum disampaikan. Biarkan itu jadi tanggungjawab beliau dimata Allah SWT," lanjutnya.

Namun, Ustaz Zacky Mirza sepakat dengan para ahli fikih seperti yang disampaikan Gus Miftah, Buya Yahya, hingga Ustaz Solmed. Ketika meninggal dunia kelak, semua akan kembali ke kodrat asli. Tetapi, ia mengingatkan untuk menasehati Dorce Gamalama dengan kelembutan dan tidak ada kekerasan.

"Semuanya memberikan hukum faqih, sudah kita pahami bersama bahwa semua ulama sepakat, seorang muslim ketika meninggal prosesinya harus dikembalikan kepada kodrat aslinya," ucapnya.

"Ingin saya sampaikan dalam hal ini, ketika nasihat sudah disampaikan dengan penuh kelembutan dan kasih sayang. Tinggal semuanya kembali pada bersangkutan," tambahnya.

Kami juga pernah menulis soal Viral Lagi, Dorce Gamalama Sempat Geram Proses Operasi Kelamin Berbulan-Bulan: Timbang Motong, Susah Banget! Kamu bisa baca di sini

Kalo kamu tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya!

Rekomendasi