Masker Terbalik yang Dipakai Aldebaran, Dokter Anton Koreksi Adegan Medis Sinetron Ikatan Cinta

| 30 Apr 2021 13:05
Masker Terbalik yang Dipakai Aldebaran, Dokter Anton Koreksi Adegan Medis Sinetron Ikatan Cinta
Unggahan dari Dokter Anton Tanjung (Foto: Instagram Story/@antontanjung)

ERA.id - Sinetron Ikatan Cinta memasuki babak baru yang membuat semua penonton sedih dengan keadaan Aldebaran, diperankan oleh Arya Saloka. Aldebaran mengalami kecelakaan dan harus di rawat di rumah sakit. 

Rupanya adegan Aldebaran terbaring di rumah sakit mendapatkan perhatian dari Dokter Anton Tanjung. Dokter yang eksis dimedia sosial ini mengoreksi beberapa adegan medis yang dinilai tak sesuai peraturan.

Melalui unggahan Instagram Story-nya, Dokter Anton membagikan foto Aldebaran menggunakan selang oksigen di hidung. Merasa ada yang salah, ia bertanya siapa yang memasang selang tersebut.

Unggahan dari Dokter Anton Tanjung (Foto: Instagram Story/@antontanjung)

"Yang masang siapa ini? Hayo ngaku!" tanya Dokter Anton Tanjung di Instagram Story-nya, dikutip Jumat (30/4/2021).

Dokter Anton Tanjung langsung memberitahu bagimana seharusnya selang dan masker terpasang. Dokter alumni Universitas Gadjah Mada ini pun memberikan edukasi bahwa masker yang dikenakan tokoh Aldebaran tersebut terbalik. 

"Di sini salahnya dimana dok? Banyak. Cuma ya bagi awam cukup satu aja nih, mask nya kebalik. Yang lebih menyempit itu di bagian hidung sementara yang agak lebar di bagian mulut," kata Dokter Anton Tanjung.

Pernyataannya ini mendapatkan serbuan fans Ikatan Cinta. Hingga akhirnya, Dokter Anton Tanjung menegaskan dirinya hanya mengoreksi adegan medis di sinetron tersebut. Ia juga berharap kesalahan ini tidak terjadi lagi.

Unggahan dari Dokter Anton Tanjung (Foto: Instagram Story/@antontanjung)

"Halo saya bukan mengkritik, lebih tepatnya mengoreksi, dimana masyarakat kita masih banyak yang nonton sinetron atau program di TV dan saya harap hal seperti ini jangan sampai salah lagi," kata Dokter Anton Tanjung.

Dokter Anton Tanjung juga bingung dengan dialog yang dilakukan Michelle bahwa kadar gula ibunya menurun drastis. Padahal, tokoh sang ibunda ini mengenakan oximeter dan terlihat kesulitan bernafas.

"Bayangin dong kalau masyarakat mau beli alat cek gula darah tapi malah beli oximeter ataupun kebalikannya, hehe," ujar Dokter Anton Tanjung.

"Saya mengedukasi kok, dibagian tadi mana yang benar dan mana yang kurang tepat. Masa dikoreksi biar benar malah nggak terima dan mau selalu terbodohi oleh hal-hal yang kurang tepat. Hehe," lanjutnya.

Dokter Anton Tanjung juga membandingkan sinetron Indonesia dengan drama di luar negeri. Menurutnya, drama Korea maupun serial TV Amerika sangat bagus karena menyiapkan persiapan medis yang lengkap. Ia berharap sinetron Indonesia bisa sama seperti serial TV di luar negeri.

"Semoga kedepannya sinetron/program TV/film kita bisa se-well-prepared kayak di luar negeri. Misalnya ada adegan medis boleh konsul ke ahli medis, apalagi adegan operasi gini bisa banget konsul ke spesialis anestesi dan spesialis bedah. Biar mantul," katanya.

"Yuk sama-sama kita kembangkan karya anak bangsa dengan berani belajar, mengkoreksi, mengkritisi, agar karya bisa lebih baik lagi. Semangat." lanjutnya.

Rekomendasi