5 Kebiasaan Buruk yang Bisa Merusak Hubungan Seks dalam Pernikahan

Tim Editor

Ilustrasi makan malam romantis (Dok. unsplash/ reneranisch)

ERA.id - Dalam kehidupan pernikahan, hubungan seks yang dilakukan oleh pasangan suami istri adalah hal yang sangat penting. Kualitas hubungan intim dengan pasangan harus dijaga agar pernikahan tetap langgeng. 

Namun, tanpa disadari ternyata banyak kebiasaan-kebiasaan sederhana yang sebenarnya bisa merusak hubungan seks dengan pasangan. Kebiasaan ini bisa membuat hubungan dengan pasangan akan terasa kosong dan tak memiliki gairah lagi.

Inilah kebiasaan yang dapat merusak hubungan seks dalam pernikahan yang harus dihindari, dilansir dari Alprodad.com.

1. Tidak berdiskusi tentang keinginan saat berhubungan intim

Untuk mendapatkan hubungan seks yang baik, setiap pasangan harus saling terbuka akan keinginan mereka masing-masing saat melakukan hal tersebut. Jangan malu ataupun ragu mendiskusikan mengenai keinginan kamu kepada pasangan. 

Hal ini harus dilakukan karena jika tidak kamu akan selalu merasa tidak puas dengan setiap hubungan seks yang kamu lakukan dengan pasangan kamu. Selain itu, dengan jujur akan hal ini juga akan memberikan jalan bagi kamu dan pasangan untuk menemukan jalan keluar yang bisa membuat nyaman.

2. Malas

Berhubungan seks itu ibarat melakukan olahraga yang membutuhkan energi, inisiatif, dan terkadang perencanaan. Meski untuk melakukan hubungan ini terkadang harus direncanakan terlebih dahulu, terlebih bagi pasangan yang sudah memiliki anak, nyatanya melakukannya secara rutin merupakan cara yang baik untuk tetap harmonis dan menjaga kualitasnya. 

Rasa malas yang timbul untuk melakukan hubungan seks harus dihindari dan setiap pasangan harus berusaha untuk selalu bisa mewujudkan hubungan seks tersebut terlaksana. Jika rasa malas untuk berhubungan intim menimpa, nantinya akan membuat kehidupan rumah tangga terasa hambar.

3. Tidak menjaga kesehatan mental

Melakukan hubungan seks bukan hanya soal fisik, tetapi juga mental setiap orang. Penting bagi setiap pasangan untuk pergi menemui dokter setidaknya sekali setahun untuk memantau dan berdiskusi mengenai kesehatan, khususnya soal tingkat stres yang dimiliki.

Dengan mengalami stres dan depresi akan sangat berpengaruh terhadap keinginan untuk berhubungan intim. Orang yang dilanda depresi atau kesehatan mentalnya buruk, biasanya akan sulit untuk menaikkan nafsu dan keinginan untuk melakukan seks dengan pasangan.

4. Komunikasi yang minim

Hubungan seks yang berkualitas selalu berawal dari hubungan emosional yang kuat antara suami dan istri, yang biasanya dibangun dari intensitas mereka berkomunikasi satu sama lain. Pernikahan akan terasa menyiksa jika suami istri mulai berhenti berkomunikasi. 

Oleh karena itu, penting untuk membagikan perasaan, emosi, rasa takut dan sakit yang dirasakan kepada pasangan. Dengan membagikan semua hal tersebut akan membuat pasangan lebih mengerti akan diri kamu dan mengetahui apa yang bisa membuat kamu merasa bergairah. 

5. Lupa untuk santai

Hubungan intim bukanlah sebuah rapat di pekerjaan yang selalu serius. Hubungan ini harus dilakukan secara santai dan pastinya harus menyenangkan. Dengan melupakan bahwa dalam melakukan hubungan intim harus santai akan membuat kegiatan tersebut terkesan pekerjaan rutin dan tidak menyenangkan. 

Dengan demikian, sebelum melakukan hubungan intim sangat diperlukan waktu untuk bersantai, seperti menikmati makan malam romantis berdua terlebih dahulu, yang bisa membangun gairah dari masing-masing pasangan. 

Tag: pernikahan seks

Bagikan: