2 Tahun Berjuang Lewati Gangguan Kesehatan Mental, Ariel Tatum Akhirnya Bebas dari Obat-obatan

Tim Editor

Ariel Tatum (Instagram/arieltatum)

ERA.id - Aktris Ariel Tatum akhirnya bisa terbebas dari obat-obatan yang ia konsumsi selama kurang lebih dua tahun. Ia telah berhasil menangani kesehatan mentalnya. 

Sebagaimana diketahui Ariel Tatum sempat blak-blakan bahwa dirinya mengalami Borderline Personality Disorder (BPD) sejak usia remaja. Ia pun harus berjuang dan meminta bantuan ke profesional untuk mengatasi masalah kesehatan mentalnya. 

"Di usia 13 tahun akhirnya aku cari bantuan ke profesional. Gak pernah terpikir sekali pun dalam hidup aku suatu hari akan open up hal itu ke masyarakat," kata Ariel Tatum dikutip dari YouTube Enzy Storia, Sabtu (15/5/2021).

Dari diagnosis penyakitnya itu, wanita bernama asli Steffhanie Michelle Gabriella Tatum itu pun sempat kesulitan mengontrol dirinya sendiri hingga sempat melakukan tindakan bunuh diri berkali-kali. 

Untungnya atas bantuan psikiater, Ariel Tatum pun mulai bisa mengontrol dan mereda emosinya. Namun dari bantuan profesional itu Ariel Tatum harus mengkonsumsi obat-obatan sehingga membuat dirinya ketergantungan. 

"Pada saat itu memang kebetulan aku lagi aktif banget minum obat. Terus aku aktif banget ke psikiater aku karena aku baru mulai lagi minum obat," ungkapnya. 

Aktris kelahiran 8 November 1996 itu bahkan harus vakum dari dunia entertainment selama kurang lebih dua tahun. Selama itu, ia mengisi hari-harinya dengan melakukan berbagai kegiatan yang disukai. 

"Di rumah aku jalan-jalan, aku masak, aku lakuin hobi-hobi aku, aku ngelukis, aku hangout sama orang-orang terdekat aku, aku terapi juga, aku minum obat," tegasnya.

Seiring berjalannya waktu dan perjuangannya melawan kesehatan mental, pelantun "Tanpa Kata" itu perlahan bisa mengurangi dosis obat yang dikonsumsinya. 

Bahkan sejak bulan Desember 2020, Ariel Tatum menegaskan dirinya sudah terbebas dari obat-obatan yang selama ini menjadi penolong hidupnya. "Untuk pertama kalinya bahwa dari sejak desember 2020 aku udah medicine free," tegasnya. 

Lalu, kata Ariel Tatum, sebelum dirinya bebas dari obat ia meminta saran ke dokternya untuk terbebas dari obat-obatan. Kala itu dokter mulai mengurangi dosisi obat hingga memberikan resep obat yang dikonsumsi dua hari sekali.

"Dosisnya pelan-pelan dikurangi, sampe dosis paling kecil. Dari setiap hari minum sampe akhirnya selang seling dua kali, tiga kali seminggu sampe akhirnya lepas," katanya. 

Kini Ariel Tatum pun bisa sedikit bernapas lega setelah berhasil melawan penyakitnya. Ia pun mengisi hari-harinya dengan menjalani meditasi, latihan pernapasan, hingga hipnoterapi. 

Tag: Ariel Tatum Kesehatan Mental Ariel Tatum Ariel Tatum Bebas Obat-obatan Ariel Tatum Penyakit Mental kesehatan mental

Bagikan: