Ada yang Mencapai Rp216 Miliar, Inilah 5 Tanaman Hias Langka dan Termahal di Dunia

| 27 May 2021 08:09
Ada yang Mencapai Rp216 Miliar, Inilah 5 Tanaman Hias Langka dan Termahal di Dunia
Monstera Obliqua (Foto: Instagram/@bali_tropical_plants)

ERA.id - Masyarakat didunia berlomba-lomba memiliki tanaman hias dengan berbagai jenis. Minat yang tinggi, membuat beberapa tanaman yang namanya naik harganya menjadi tinggi. Mahalnya harga tanaman hias, umumnya disebabkan karena kelangkaan, keunikan warna daun, pembiakan, dan lain sebagainya. 

Tahun 2021 beberapa ragam tanaman hias diyakini masih akan dicari meskipun harganya selangit. Bahkan, ada tanaman hias cantik yang harganya mencapai Rp216 miliar. Dilansir dari Planted Shack pada Kamis (27/5/2021), berikut 5 tanaman hias mahal yang masih banyak diburu.

1. Old Pine Bonsai Tree

Old pine bonsai tree (Foto: Planted Shack)
Old pine bonsai tree (Foto: Planted Shack)

Selama berabad-abad, old pine bonsai tree adalah tanaman hias paling mahal dari jenisnya. Saat dilelang secara Internasional di Jepang, old pine bonsai tree terjual menembus harga 1,3 juta dolar AS atau Rp18,6 miliar. 

Pohon bonsai jenis ini adalah tanaman hias bonsai yang tumbuh subur dalam pot wadah kecil. Tanaman ini banyak dibudidayakan oleh warga Jepang karena salah satu budaya Asia dan bagian dari praktik kuno mereka. Bonsai muda tidak semahal yang lama karena harganya semakin tinggi seiring bertambahnya usia.

2. Monstera Obliqua

Monstera obliqua (Foto: Planted Shack)
Monstera obliqua (Foto: Planted Shack)

Para pecinta tanaman hias hijau akan jatuh cinta melihat tanaman monstera obliqua. Tanaman ini tidak memiliki bunga berwarna cerah, daun tinggi, atau aroma yang wangi. Hal inilah yang membuat monstera obliqua jadi menarik.

Saat ini, monstera obliqua seharga 3 ribu dolar AS atau Rp43 juta. Daun Monstera Obliqua memiliki lubang besar secara keseluruhan. Struktur daunnya, membuat monstera obliqua terlihat sehalus renda kain. Tak heran, banyak orang yang sangat terpesona dengan monstera obliqua.

3. Juliet Rose

Juliet rose (Foto: Planted Shack)
Juliet rose (Foto: Planted Shack)

Tanaman hias juliet rose terkenal dengan keindahannya. Bahkan, yang menakjubkan harganya bisa menembus 15,8 juta dolar AS atau Rp226 juta. Tentu, ini menjadikan juliet rose sebagai bunga termahal. Bentuk, ketebalan, pola, dan sentuhan lembut pigmen merah muda dari bunganya benar-benar sempurna.

Juliet rose mematahkan kepercayaan akan struktur simetris karena kelopaknya dan penampilan keseluruhannya dalam bentuk yang tak tertandingi. Tanaman ini memiliki kuncup yang menjalar dengan nuansa merah jambu yang berbeda. Saat mereka mekar, bukaan yang luar biasa dan penuh dengan warna gelap halus terbentuk di tengah mawar.

4. Variegata Philodendron Minima

Variegata philodendron minima (Foto: Planted Shack)
Variegata philodendron minima (Foto: Planted Shack)

Sebuah situs web perdagangan di Selandia Baru memegang rekor atas penjualan Variegated Philodendron Minima seharga 8150 dolar AS atau Rp116 juta. Variegata philodendron minima memiliki dedaunan mengkilap yang berwarna hijau muda. 

Variegata philodendron minima membutuhkan metode pertumbuhan yang sensitif. Bunga dan daun variegata philodendron minima paling baik tumbuh jika ditempatkan di posisi yang cukup terang di dalam rumah atau di taman. Tanaman ini juga perlu menjaga kelembapannya hampir sepanjang waktu, jadi harus menghindari penyiraman berlebihan pada tanaman.

5. Shenzhen Nongke Orchid

Shenzhen nongke orchid (Foto: Planted Shack)
Shenzhen nongke orchid (Foto: Planted Shack)

Shenzhen nongke orchid adalah anggrek buatan yang harganya 200 ribu dolar AS atau Rp2,8 miliar. Ilmuwan pertanian China membutuhkan waktu 8 tahun untuk membudidayakan anggrek jenis khusus ini. Bahkan dengan durasi yang lama ini, para pecinta mengatakan tanaman itu pantas untuk ditunggu.

Shenzhen nongke orchid membutuhkan waktu empat hingga lima tahun sebelum akhirnya mekar. Tetapi ketika itu terjadi, orang akan merasa kagum karena keindahannya yang langka dan luar biasa. Pesona keseluruhannya, termasuk bentuk, wangi, dan warnanya, adalah ciri-ciri terbaik yang dicari siapa pun dalam bunga.

Rekomendasi