Banyak Dicari dan Jadi Primadona, 5 Jenis Tanaman Lidah Mertua Termahal dan Langka

| 24 Nov 2020 08:05
Banyak Dicari dan Jadi Primadona, 5 Jenis Tanaman Lidah Mertua Termahal dan Langka
Lidah mertua (Foto: Instagram/@plantasfaitful)

ERA.id - Belum berakhirnya pandemi COVID-19, sebagian masyarakat menghabiskan waktu dengan menjalani hobinya di rumah. Salah satu tanaman hias yang paling banyak dicari dan menjadi primadona adalah tanaman lidah mertua bernama latin sensevieria.

Lidah mertua ampuh membersihkan udara kotor karena tanaman ini menyerap 107 unsur yang terkandung dalam polusi udara serta menyerap berbagai jenis racun. Selain itu, tanaman hias jenis ini bentuk daunnya menarik dan sangat mudah dalam perawatannya.

Rupanya, tanaman lidah mertua memiliki berbagai jenis yang terbilang langka dan dijual dengan harga mahal. Dilansir dari kanal YouTube MY DIARY MOMMYNYA ZAHRA pada Selasa (24/11/2020), berikut 5 tanaman lidah mertua termahal dan langka.

1. Sansevieria Bagamoyensis

Sansevieria Bagamoyensis (Foto: Instagram/@sansevieria.idn)

Sansevieria bagamoyensis berbeda dengan jenis sansevieria lainnya, sebab memiliki ukuran daun kecil dan tipis. Daunnya dapat tumbuh hingga memanjang lebih dari 60 cm dan lebar daunnya mencapai 10 cm. Warnanya ada hijau muda atau hijau kekuningan. Sansevieria Bagamoyensis sangat sedikit jumlahnya di indonesia dan terbilang langka. Tak heran, harganya cukup mahal ketimbang sansevieria jenis lainnya.  

2. Star Sansevieria Kirkii

Star Sansevieria Kirkii (Foto: hortology.co.uk)

Star Sansevieria Kirkii berasal dari daerah Tanzania. Ciri khasnya yakni memiliki bunga majemuk yang mahkotanya warna kuning dengan bentuk mirip terompet. Daunnya tebal dan bergelombang dimana ketebalan daunnya mencapai 9 mm. Di Indonesia, Star Sansevieria kirkii termasuk ke dalam jenis yang langka. Sebab, kurang cocok dengan iklim di negara ini khususnya saat curah hujan tinggi.

3. Sansevieria Stuckyi

Sansevieria Stuckyi (Foto: Instagram/@treenity.co)

Sansevieria stuckyi memiliki daun yang tegak lurus, daunnya bundar dan memanjang. Di dalamnya terdapat daging yang tebal dimana ketebalan daunnya mencapai 10 mm. Saat ditanam di daerah yang terdapat intensitas cahaya matahari tinggi, daunnya dapat tumbuh hingga 2 m. Keunikan dari bentuknya, sansevieria stuckyi dipatok dengan harga yang cukup fantastis ketimbang jenis lainnya.

4. Sansevieria Ehrenbergii

Sansevieria Ehrenbergii (Foto: Bukalapak)

Sansevieria ehrenbergii berasal dari Afrika Timur. Tanaman jenis ini sangat sederhana, karena daunnya tumbuh berpasangan dan berlawanan. Sehingga bentuknya seperti kipas dan cocok dijadikan tanaman indoor. Tanaman jenis ini mempunyai batang yang panjangnya bisa mencapai 18 cm. Di luar negeri tanaman ini cukup populer sehingga harganya terbilang fantastis.

5. Sansevieria Elensis

Sansevieria Elensis (Foto: World of Succulents)

Sansevieria terdapat di negara Somalia yang dikenal dengan sebutan ‘Ein’. Tanaman ini tidak tahan dengan kelembaban dan lebih suka tumbuh di daerah yang kering. Daunnya sangat unik karena sekilas terlihat seperti buah pisang yang sudah dikupas kulitnya. Panjang daun ini mencapai 7-12 cm dengan ketebalan sekitar 2 cm. Sansevieria jenis ini dibanderol harga yang mahal karena kelangkaannya yang membua kolektor tanaman hias merasa bangga memiliki Sansevieria Elensis.

Rekomendasi