Ke Mana Sosok Ayah dalam Keluarga "Khong Guan"? Ini Jawabannya

Tim Editor

Kaleng biskuit Khong Guan (Bukalapak)

ERA.id - Familiar dengan gambar seorang ibu yang menyiapkan sarapan untuk dua orang anaknya yang makan biskuit di meja makan? Kalau iya, itu hampir pasti didasari dari gambar Khong Guan.

Anehnya, sampai sekarang banyak yang bertanya kenapa gambar tersebut cuma seorang ibu? Di manakah ayah dari anak-anak tersebut atau seorang suami dari sang istri?

Belakangan, misteri ke mana perginya sosok ayah dalam keluarga Khong Guan, terjawab. Dilansir dari ladybirdflyawayhome.com, ayah dari keluarga Khong Guan sedang bekerja.

Barulah sang ayah pulang ke rumah pada jam 6 sore. Ternyata yang lebih mengagetkan lagi, gambar keluarga legendaris itu berasal dari Ladybird Book karya Harry Wingfield yang terbit pada tahun 1959.

Kemudian, pihak biskuit Khong Guan lalu menyuruh pelukis Bernardus Prasodjo, untuk meniru dan memodifikasi gambar dari buku Ladybird tersebut. Akhirnya, terciptalah lukisan Khong Guan sekitar tahun 1970-an.

Dalam buku aslinya, di samping gambar keluarga yang tanpa ayah itu tertulis, "At four o'clock we have our tea (pukul 4 sore kami menikmati teh)."

Potongan gambar Ladybird (Doc. ladybirdflyawayhome.com)

 

Tak lama setelah itu, pada jam 6 sore, bapak dari keluarga tersebut barulah pulang ke rumah sehabis bekerja.

"At six o'clock Daddy comes home," begitu keterangan dalam buku.

Potongan gambar Ladybird (Doc. ladybirdflyawayhome.com)

 

Asal tahu saja, nama anak yang ada dalam gambar keluarga tersebut yakni Peter dan Jane. Belakangan mereka terlihat menyongsong ayahnya yang baru pulang kerja di halaman rumah.

Banyak gambar-gambar dalam Ladybird Book yang menjadi bukti konkret bahwa sang ayah dalam keluarga tersebut memang ada.

Sementara, selama ini banyak yang mengira gambar biskuit Khong Guan yang melegenda memang dibuat tanpa adanya sosok bapak.

Tag: Khong Guan keluarga khong guan biskuit khong guan pelukis khong guan ayah khong guan

Bagikan: