Inilah Bernardus Prasodjo, Pelukis Lukisan Keluarga di Kaleng Khong Guan

| 18 Feb 2021 11:30
Inilah Bernardus Prasodjo, Pelukis Lukisan Keluarga di Kaleng Khong Guan
Kaleng biskuit Khong Guan (Bukalapak)

ERA.id - Tanpa Bernardus Prasodjo mungkin Khong Guan takkan bisa menjadi cerita yang unik sampai sekarang. Tanpa Bernardus Prasodjo, kaleng Khong Guan takkan ada lukisan keluarga tanpa ayah yang melegenda.

Kaleng Khong Guan memang hingga kini masih menjadi perbicangan. Lukisannya yang unik membuat orang selalu mengingat merk biskuit andalan keluarga yang sangat nikmat ditemani dengan eh hangat pada pagi hari itu.

Meski begitu, belum banyak yang tahu soal siapa pelukis yang membuat lukisan keluarga yang melegenda di kaleng Khong Guan. Makanya, tulisan ini dibuat sebagai penghargaan dan mengingat jasa Bernardus Prasodjo.

Bernardus Prasodjo adalah pria yang punya bakat istimewa. Bernardus Prasodjo lahir di Surakarta, 25 Januari 1945. Karena bakatnya, ia tidak hanya melukis keluarga yang melegenda di kaleng Khong Guan.

Selain melukis keluarga yang melegenda di kaleng Khong Guan, Bernardus Prasodjo juga membuat gambar kemasan di berbagai macam produk seperti Monde, Nissin Wafer, dan logo Sirup Marjan.

Walau sudah melukis keluarga yang melegenda di kaleng Khong Guan, Bernardus Prasodjo mengaku tak mendapatkan royalti dari hasil menggambar karya-karya tersebut.

Bernardus Prasodjo sendiri adalah jebolan Institut Teknologi Bandung. Ia mengaku sudah berkarier sejak sekitar tahun 1970-an. Bukan hanya menjadi pelukis saja, ia sempat menjadi dosen Tipografi dan digital studio LPKT Kompas.

Bernardus Prasodjo tinggal di Jalan Lengkong Kecil Bandung, bersebelahan dengan kantor redaksi Aktuil, sebuah majalah musik terkenal saat itu. Ia juga menjabat sebagai Ketua Grand Master Choa Kok Sui (GMCKS) Prana Indonesia.

Rekomendasi