Merek Dagangnya Dituding Lakukan Perampasan Budaya, Michael B Jordan Siap Lakukan Ini

| 23 Jun 2021 20:25
Merek Dagangnya Dituding Lakukan Perampasan Budaya, Michael B Jordan Siap Lakukan Ini
Michael B Jordan Rampas Budaya Karibia (Instagram/michaelbjordan)

ERA.id - Aktor Michael B Jordan menerima kritik pedas terhadap merek dagang terbarunya. Ia pun meminta maaf dan berjanji bakal mengubah nama merek rum miliknya.

Melansir dari ET, merek rum milik Michael B Jordan, J'Ouvert menuai kritik usai dituduh melakukan perampasan budaya. Nama itu dinilai sesuai dengan budaya Karibia sehingga menyinggung banyak orang.

Melalui unggahan di Instagram Storie-nya, aktor Black Panther itu mengatakn tidak pernah niat sekali pun untuk menyakiti atau menyinggung budaya tertentu.

"Saya hanya ingin mengatakan atas nama diri sendiri & mitra saya, niat kami tidak pernah menyinggung atau menyakiti budaya (kami mencintai & menghormati) & berharap untuk merayakan & memancarkan cahaya positif," tulisnya.

Michael B Jordan Rampas Budaya Karibia (Instagram/michaelbjordan)
Michael B Jordan Rampas Budaya Karibia (Instagram/michaelbjordan)

Lalu, kata Jordan, selama beberapa hari ini ia banyak sekali mendengar dan melihat kritik yang masuk terhadap merek dagangnya. Ia juga sudah berbicara banyak dengan komunitas yang tak terhitung jumlahnya.

Alhasil, aktor 34 tahun itu memutuskan untuk mengubah merek dagangnya dan meminta maaf atas kontroversi yang terjadi. Hal ini dilakukan setelah munculnya protes dari banyak pihak, termasuk Nicki Minaj.

"Saya mendengar Anda & ingin memperjelas bahwa kami sedang dalam proses penggantian nama. Kami dengan tulus meminta maaf & berharap dapat memperkenalkan merek yang dapat kami banggakan," tegasnya.

Kontroversi dan dugaan perampasan budaya ini bermula dari kekasih Michael, Lori Harvey membagikan gambar dari pesta peluncuran rum J'Ouvert pada akhir pekan.

Nama J'Ouvert sendiri merupakan sebuah festival yang menyoroti budaya Karibia dan diadakan setiap tahun di Trinidad, Tobago dan Grenada saat karnaval. Bahkan acara tahunan ini juga diamati oleh seluruh dunia.

Pemilihan nama ini pun langsung menjadi perhatian publik, termasuk Nicki Minaj yang berkebangsaan Trinidad. Penyanyi seksi itu pun mendesak agar Michael mengganti nama rum miliknya.

"Saya yakin MBJ tidak sengaja melakukan apa pun yang dia pikir akan dianggap menyinggung oleh ppl Karibia, tapi sekarang setelah kamu sadar, ganti nama & terus berkembang & makmur," tulis Nicki Minaj.

Rekomendasi