Ampuh Hilangkan Penyakit, 5 Tanaman Obat Populer dan Berkhasiat yang Cocok Ditanam di Rumah

Tim Editor

Peppermint (Foto: Unsplash/Eleanor Chen)

ERA.id - Tidak akan selalu sehat, pada umumnya manusia mengalami kondisi sakit dan membuatnya tak bisa beraktifitas secara normal. Tentunya, akan segera meminum obat untuk menghilangkan penyakit yang ada pada tubuhmu. Kebiasaan tanaman sebagai obat-obatan telah berlangsung sejak ribuan tahun yang lalu.

Dilansir dari Boldsky pada Jumat (25/6/2021), ada beberapa tanaman yang berkhasiat menyembuhkan penyakit. Tak ayal, tanaman obat ini paling banyak dicari untuk alternatif pengobatan herbal. Berikut 5 tanaman obat populer dan berkhasiat yang cocok ditanam di rumah.

1. Serai atau sereh

Serai (Foto: Freepik/thaisprit)
Serai (Foto: Freepik/thaisprit)

Serai adalah tanaman obat yang mudah ditanam di rumah. Penelitian membuktikan bahwa serai memiliki manfaat terapeutik dan kesehatan lainnya yang tak terhitung banyaknya. Cocok dikombinasikan dengan teh, salad, sup, dan makanan lainnya. Serai sangat bermanfaat untuk kondisi gugup dan stres. Sifat anti-piretik di dalamnya dapat membantu menurunkan demam tinggi, sakit tenggorokan, perut, kepala dan nyeri.

2. Peppermint

Peppermint (Foto: Unsplash/Abby Boggier)
Peppermint (Foto: Unsplash/Abby Boggier)

Peppermint dianggap sebagai salah satu obat tertua di dunia dan mudah tumbuh bahkan dalam pot kecil dalam segala kondisi lingkungan. Peppermint secara alami kaya akan mangan, vitamin A dan vitamin C. Daun peppermint yang dihancurkan dapat digunakan secara eksternal untuk menenangkan dan mengendurkan otot. Peppermint memiliki kapasitas untuk mengobati perut kembung, sakit perut, demam, radang usus besar, dan sindrom iritasi usus besar. Ini juga menghambat pertumbuhan bakteri.

3. Basil

Basil (Foto: Pexels/Kaboompics .com)
Basil (Foto: Pexels/Kaboompics .com)

Basil adalah tanaman obat yang bagus dan mudah tumbuh di rumah dalam pot. Basil juga merupakan bahan yang bagus untuk salad, sup, dan resep lainnya. Tanaman obat satu ini memiliki rasa yang enak dan kekuatan untuk mengobati gas perut dan perut kembung. Jika kamu mengalami kurang nafsu makan, Basil juga dapat membantumu. Basil juga bisa menyembuhkan luka.

4. Lidah buaya

Lidah buaya (Foto: Pexels/Cintia Siqueira)
Lidah buaya (Foto: Pexels/Cintia Siqueira)

Lidah buaya merupakan bahan pelembab yang kaya akan antioksidan dan penguat kekebalan alami. Khasiat yang dimiliki lidah buaya membantu memerangi radikal bebas dalam tubuh. Jika memiliki sistem kekebalan yang lemah, kamu dapat meminum jus lidah buaya setiap hari untuk meningkatkan sistem kekebalanmu dengan mudah.

Lidah buaya juga dapat menyembuhkan dan mengurangi risiko infeksi akibat luka, seperti luka terjatuh dan luka bakar. Kerap dijadikan bahan yang bagus untuk perawatan kulit dan rambut, memelihara lidah buaya di rumah juga dapat membantumu membasmi nyamuk.

5. Mimba

Mimba (Foto: Freepik/nipol)
Mimba (Foto: Freepik/nipol)

Mimba adalah tanaman obat yang sangat tua, yang digunakan sejak lama. Ia sebenarnya tumbuh dalam bentuk pohon. Tetapi, tanaman ini sangat penting untuk disimpan di rumah. Mimba memiliki sifat antiseptik yang sangat baik dan dapat digunakan untuk di dalam dan luar bagian tubuh. Daun mimba yang dihancurkan, jika dikonsumsi secara internal, bertindak sebagai agen obat cacing yang luar biasa dan obat ini sangat aman untuk anak-anak dan orang dewasa.

Tag: tanaman Tanaman herbal tanaman obat

Bagikan: