Selain Mempercantik, 6 Tanaman Ini Ampuh Mengusir Nyamuk di Rumahmu

Tim Editor

Lavender (Foto: Pexels/Anastasia Shuraeva)

ERA.id - Nyamuk adalah serangga tak disukai manusia. Selain menyebabkan bentol, nyamuk dapat menyebabkan kematian akibat demam berdarah. Sebetulnya, kamu bisa mengusir nyamuk dengan obat nyamuk mengandung bahan kimia atau lotion anti nyamuk.

Namun, ada cara lain untuk mengusir nyamuk yang ampuh di rumah. Salah satunya adalah menanam tanaman di rumah atau sekitar hunian. Tak hanya menangkal nyamuk, sejumlah tanaman ini bisa mempercantik rumahmu. Berikut 5 tanaman yang mengusir nyamuk di rumah, seperti dilansir dari Wonder Wall.

1. Sereh

Sereh (Foto: Freepik/phanuwatnandee)
Sereh (Foto: Freepik/phanuwatnandee)

Sereh atau Citronella sebagai pengusir serangga yang efektif. Sereh mengeluarkan aroma kuat yang mengusir nyamuk. Sereh menjadi salah satu obat nyamuk alami yang paling banyak digunakan. Hasil dari minyaknya terkadang juga dapat digunakan langsung pada kulit untuk mengobati gigitan nyamuk dan serangga lainnya, tetapi hal ini tidak dianjurkan untuk kulit sensitif.

2. Pelargonium

Pelargonium juga disebut tanaman mengusir nyamuk. Tanaman hijau subur ini adalah persilangan sempurna antara serai wangi Cina dan geranium Afrika. Daunnya yang seperti pakis mengandung minyak serai, yang membantu mengusir nyamuk. Faktanya, beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa tanaman ini memiliki 30-40 persen mengandung daya tolak kimia DEET yang keras.

3. Lavender

Lavender (Foto: Pexels/Pixabay)
Lavender (Foto: Pexels/Pixabay)

Lavender dikenal karena aromanya yang menenangkan. Tanaman berbunga ungu yang indah ini juga merupakan pengusir nyamuk alami karena mengandung pinene dan linalool, yang merupakan senyawa utama yang tidak disukai nyamuk. Kamu dapat menggosok tanaman ini secara langsung ke kulitmu untuk mengusir serangga agar cepat pulih.

4. Peppermint

Kebanyakan serangga tidak menyukai bau dan rasa dari peppermint karena tanaman ini mengandung mentol. Maka dari itu, tanaman peppermint sangat bagus untuk menanamnya di sekitar rumah. Jika kamu digigit, gosokkan daun peppermint yang dihancurkan langsung lalu oles ke kulit akan memberikan banyak kelegaan.

5. Lemon Balm

Lemon balm (Foto: Pexels/Tookapic)
Lemon balm (Foto: Pexels/Tookapic)

Nyamuk adalah bagian yang tidak menguntungkan dari kehidupan, apalagi mereka berubah menjadi masalah yang lebih besar terkait demam berdarah. Daun Lemon Balm dapat dihancurkan dan dioleskan pada kulit untuk mengusir nyamuk. Lemon Balm mengandung senyawa citronellal yang dapat mengeluarkan aroma lemon dan aroma yang tidak disukai oleh serangga.

6. Rosemary

Rosemary sangat bagus karena dipercaya bisa mengusir nyamuk. Kamu bisa merebus segenggam penuh tangkai rosemary dalam 1 liter air selama 20 menit. Saring cairan dan didinginkan, lalu tuang ke dalam botol. Semprotkan langsung ke kulit atau area luar ruangan sesuai kebutuhan. Simpan cairan yang tidak digunakan di lemari es, dan buang saat cairan tidak lagi berbau rosemary.

7. Marigold

Marigold (Foto: Pexels/GM Rajib)
Marigold (Foto: Pexels/GM Rajib)

Selama bertahun-tahun, marigold dapat membantu menangkal serangga. Marigold sangat efektif bila ditanam di tanam di depan pintu rumah. Tanaman ini tergolong dapat mengusir nyamuk karena mengandung tagetone yang dapat mengusir serangga serta pyrethrum yang dapat meracuni serangga.

Tag: Tanaman Hias tanaman tanaman pengusir nyamuk

Bagikan: