5 Tanaman Herbal Ini Selain Berkasiat juga Bisa Mempercantik Rumah

Tim Editor

Tanaman hias (Foto: Instagram/@brownthumbelina)

ERA.id - Selain tanaman hias yang menjadi tren untuk mempercantik rumah, ada juga tanaman herbal yang berkhasiat sebagai obat herbal dan bisa ditanam di rumah. Selain itu, obat herbal dipercaya aman untuk dikonsumsi dan minim efek samping.

Disisi lain, tanaman yang dimanfaatkan sebagai metode pengobatan alternatif ini perawatannya juga tidak terlalu sulit. Dilansir dari akun Instagram Kementerian Pertanian RI pada Selasa (5/1/2021), berikut 5 tanaman hias yang memiliki khasiat obat herbal:

1. Kumis Kucing

Kumis Kucing (Foto: Instagram/@hitomi_hiro_aki)

Tanaman kumis kucing mengandung glukosid ortosifonim, zat samak, miyak asiri, minyak lemak, saponin, dan garam kalium. Tanaman ini juga berkhasiat untuk mengobati sakit ginjal dan kandung kencing.

2. Sirih

Sirih (Foto: Instagram/@rawgardening)

Tanaman sirih mengandung minyak asiri, seperti kadinen, kavikol, sineol, eugenol, kariofolen, karvakrol, terpinene, dan seksuiterpen. Sirih berkhasiat mengobati keputihan, sakit jantung, raja singa (sipilis), alergi atau biduran, diare, batuk, dan lainnya. 

3. Cocor Bebek 

Cocor bebek (Foto: Instagram/@baityjournal)

Tanaman cocor bebek mengandung applezuur, damar, zat lendir, magnesium malat, kalsium oksalat, asam formiat, dan tannin. Tanaman ini dapat menyembuhkan sakit kepala, batuk, sakit dada, borok, dan penyakit kulit lainnya.

4. Tapak Dara 

Tapak Dara (Foto: Instagram/@lucy_florist)

Tapak diri mengandung zat alkaloid, diantaranya vinkristin, vinrosidin, vinblastin, dan vinleurosin. Tanaman ini memiliki khasiat menyembuhkan penyakit kencing manis (diabetes mellitus), tekanan darah tinggi (hipertensi), leukemia, asma bronchitis, demam, radang perut, disentri, kurang darah, gondong, dan mengatasi bengkak.

5. Lidah Buaya

Green Aloe Vera Plants

Lidah Buaya (Foto: Pexels/Cintia Siqueira)

Lidah buaya mengandung zat barbaloin, isobarbaloin, betabarbaloin, dan damar. Tanaman herbal berkhasiat untuk menyembuhkan batuk, ambeien, kencing manis, sipilis, trachoma, nyeri sendi (rematik), dan sebagai penyubur rambut.

Tag: Tanaman Hias Tanaman herbal

Bagikan: