Sunggyu INFINITE Jadi Kasus Covid Pertama di Korea Selatan Setelah Terima Vaksin Johnson & Johnson

| 28 Jun 2021 21:45
Sunggyu INFINITE Jadi Kasus Covid Pertama di Korea Selatan Setelah Terima Vaksin Johnson & Johnson
Sunggyu INFINITE Positif Covid-19 Usai Terima Vaksin (Instagram/gyu357)

ERA.id - Sunggyu INFINITE dinyatakan positif Covid-19 usai menerima vaksin Janssen dari Johnson & Johnson. Ia menjadi orang Korea Selatan pertama yang terpapar Covid-19 usai menerima vaksin.

Menurut laporan Ilgan Sports, otoritas kesehatan Korea Selatan memperkirakan Sunggyu INFINITE memiliki infeksi terobosan dan menjadi kasus pertama di Korea Selatan.

"Jika sebuah kasus dikonfirmasi positif 17 hari setelah divaksinasi dengan Janssen, itu memenuhi kriteria untuk infeksi terobosan. Ini dapat dilihat sebagai perkiraan kasus infeksi terobosan," kata Park Young Joon, kepala tim investigasi epidemiologi di Markas Besar Karantina Pusat.

Sebelumnya Sunggyu INFINITE menerima dosis vaksin Janssen dari Johnson & Johnson pada 10 Juni 2021. Namun pada 25 Juni 2021 ia dinyatakan positif Covid-19 setelah menjalani pemeriksaan rutin.

Pemeriksaan rutin itu dilakukan oleh Sunggyu secara khusus untuk persiapan musikal Gwanghwamun Sonata. Ia akan bermain musikal bersama dengan Yoon Do Hyun dan juga Um Ki Joon.

Saat dinyatakan positif Covid-19, agensinya, Double H TNE mengatakan artisnya tidak mengalami gejala apa pun.

"Kim Sunggyu tidak menunjukkan gejala, dan tidak ada masalah khusus dengan kondisi kesehatannya," kata agensinya.

Terkait temuan kasus baru di Korea Selatan ini, Park Young Joon mengatakan pihak otoritas kesehatan melakukan pemeriksaan rutin terkait infeksi lanjutan seminggu sekali.

Namun pada 24 Juni otoritas kesehatan tidak menemukan infeksi lanjutan akibat vaksin Janssen. Mengenai Sanggyu yang dinyatakan positif setelah tanggal 24 Juni, Park Young Joon akan melakukan analisis lanjutan.

"Jika Kim Sunggyu dikonfirmasi positif setelah tanggal 24, kasusnya akan dimasukkan dalam analisis selanjutnya," katanya.

Lebih lanjut, pihak musikal yang akan dibintangi oleh Sanggyu memutuskan untuk menunda konferensi pers yang sudah dijadwalkan pada 5 Juli 2021. Sementara para staf atau pun orang-orang yang berhubungan erat dengan Sanggyu akan menjalankan tes demi memastikan tidak ada virus yang menyebar.

Rekomendasi