Meski Tak Sependapat, Dokter Richard Lee Ungkap Tak Setuju dr Lois Ditangkap

| 13 Jul 2021 14:05
Meski Tak Sependapat, Dokter Richard Lee Ungkap Tak Setuju dr Lois Ditangkap
Dr. Richard Lee (Foto: IG @dr.richard_lee)

ERA.id - Usai memberikan pernyataan kontroversial mengenai dirinya tak mempercayai COVID-19 dan kematian pasien positif karena interaksi obat, dr Lois Owien akhirnya ditangkap oleh pihak kepolisian. Kabar penangkapan dr Lois ini pun ditanggapi oleh dr.Richard Lee.

Menurutnya memang lucu pernyataan dr Lois yang mengatakan tak percaya COVID-19 di tengah banyaknya orang yang meninggal dunia karena virus tersebut. Mulai dari orang terdekat, artis, hingga rumah sakit yang membludak dengan pasien positif.

"Ini 2021, di mana sudah banyak yang mati karena covid, tetangga kita yang mati karena covid, artis mati karena covid, rumah sakit penuh karena covid, kan lucu kalau gak percaya," ujar dr.Richard dikutip dari unggahan video akun @insta_julid.

Namun, meski tidak sependapat, dr.Richard mengaku dirinya juga tidak setuju jika dr Lois ditangkap. Menurutnya Indonesia merupakan negara demokrasi di mana setiap orang bebas mengemukakan pendapatnya.

"Jadi saya bener-bener tidak sependapat dengan dokter Lois. Tapi saya juga tidak sependapat kalau dr Lois harus ditangkap. menurut saya ini negara demokrasi, menurut saya setiap orang bebas berpendapat sih," kata dr.Richard.

dr.Richard menyampaikan bahwa seharusnya dr Lois bisa diajak melakukan diskusi terbuka dengan memaparkan dan mempertanggungjawabkan pernyataannya secara ilmiah. Menurutnya dengan demikian masyarakat bisa menilai dan lebih teredukasi akan permasalahan pernyataan dr Lois.

"Cukup diajak diskusi terbuka, paparkan fakta, tunjukkan jurnal biar orang lain yang menilai sehingga masyarakat pun jadi lebih pinter, itu menurut saya," kata dr.Richard.

Pernyataan dr.Richard Lee ini pun dibanjiri oleh komentar netizen. Banyak netizen yang merasa setuju dengan apa yang diutarakan oleh dr.Richard. Di sisi lain, ada juga netizen yang merasa penangkapan dr Lois adalah langkah yang benar untuk dilakukan.

"Setuju banget seharusnya dr Lois diajak debat dulu, jangan asal tangkap gitu dong," kata salah satu netizen.

"Nah gitu baru fair, bukannya dibungkam," kata yang lainnya.

"Justru hrs ditangkap biar yg lain gk sembarang cocot," ujar yang lainnya. 

Rekomendasi