Kuatkan Imun Tubuh di Tengah Pandemi Covid-19, Deretan Makanan Seafood Tinggi Vitamin D dan Kalsium

| 03 Aug 2021 08:02
Kuatkan Imun Tubuh di Tengah Pandemi Covid-19, Deretan Makanan Seafood Tinggi Vitamin D dan Kalsium
Salmon (Foto: Unsplash/Caroline Attwood) imun

ERA.id - Menjaga asupan nutrisi lewat makanan yang dikonsumsi bisa menjadi salah satu cara untuk menjaga daya tahan tubuh di saat pandemi Covid-19. Banyak nutrisi yang menguatkan sistem kekebalan tubuh, termasuk kandungan vitamin D dan kalsium.

Vitamin D dan kalsium berperan meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah terkena Covid-19. Berbagai makanan seafood bisa menjadi sumber vitamin D dan kaya kalsium. Berikut 5 makanan seafood tinggi vitamin D dan kalsium seperti dilansir dari Sehatqu pada Selasa (3/8/2021).

1. Salmon

Salmon (Foto: Pexels/Malidate Van)
Salmon (Foto: Pexels/Malidate Van)

Satu sajian ikan salmon (sekitar 100 gram) dapat mengandung 361 hingga 685 IU vitamin D. Namun, jumlah ini dapat berubah tergantung jenis salmon tersebut merupakan salmon liar atau budidaya. Salmon liar dapat mengandung vitamin D hingga 988 IU, sedangkan salmon budidaya biasanya memiliki 250 IU saja.

2. Ikan sarden

Ikan sarden menjadi salah satu makanan laut yang kerap diolah dalam bentuk kemasan kalengan, diasapi, diasamkan (pickled), atau disajikan mentah. Ikan sarden ini juga merupakan salah satu makanan yang mengandung vitamin d tinggi. Kamu bisa mendapat sumber vitamin D dari ikan sarden kalengan. Setiap 100 gram ikan sarden, mengandung 272 IU atau sekitar 45% kebutuhan harian. Selain sarden, ikan makarel menyediakan 360 IU per 100 gram penyajiannya.

3. Udang

Udang (Foto: Unsplash/Jerry Shen)
Udang (Foto: Unsplash/Jerry Shen)

Udang adalah salah satu makanan mengandung vitamin D yang lezat dan penuh gizi. Tidak seperti kebanyakan makanan laut lainnya, udang memiliki lemak yang lebih rendah. Setiap 100 gram terdapat sekitar 152 IU vitamin D. Udang juga dilengkapi dengan asam lemak omega 3, serta 152 mg kolesterol per 100 gram.

4. Ikan tuna

Tidak berbeda dengan salmon dan sarden, ikan tuna juga mengandung DHA yang  bermanfaat untuk meningkatkan vitamin D dalam tubuh. Pada  100 gram tuna kalengan, terdapat 154 IU yang mampu memenuhi lebih dari 50 persen kebutuhan harian tubuh atas vitamin D.

Rekomendasi