Suga BTS Ungkap Pengalaman Garap Ulang Lagu Over the Horizon

| 12 Aug 2021 10:05
Suga BTS Ungkap Pengalaman Garap Ulang Lagu Over the Horizon
Suga BTS Over the Horizon (Dok: Samsung Mobile)

ERA.id - Suga BTS terpilih sebagai musisi yang menggarap ulang lagu tema dari brand Samsung Galaxy, "Over the Horizon". Suga pun berbagi pengalaman serunya tentang pembuatan lagu tersebut.

Bersama dengan Rolling Stones, pihak perwakilan Samsung mengatakan Suga BTS adalah orang yang tepat untuk menggarap ulang lagu "Over the Horizon". Di mana lagu tersebut berfungsi sebagai nada dering default di semua ponsel merke Samsung.

Bagi Suga pribadi, mendapat kesempatan untuk mengerjakan versi baru dari trek ikonik itu memberinya kesempatan untuk memperluas keterampilan produksi dan aransemennya. Tentunya di luar gaya pop dan R&B BTS, dan alter ego rapnya, August D.

"Saya mendengarkan banyak instrumental di usia muda dan saya selalu ingin membuat lagu instrumental, jadi seluruh prosesnya luar biasa," kata Suga, dikutip Rolling Stones, Kamis (12/8/2021).

Mengenai keterlibatannya yang ditunjuk langsung oleh pihak Samsung, Suga mengatakan bahwa hal itu sebuah kehormatan besar bisa mengerjakan sebuah lagu yang menjadi bagian sejarah Samsung Galaxy selama 10 tahun.

Lagu "Over the Horizon" sendiri pertama kali dibuat pada tahun 2011. Hingga saat ini lagu itu menjadi salah satu jingle di semua perangkat Samsung Galaxy.

Suga BTS bukanlah musisi pertama yang dipercaya Samsung untuk menggarap ulang lagu tersebut. Sebelumnya, Quincy Jones hingga Icona Pop juga telah membuat versi mereka sendiri.

Kendati demikian, Suga mengatakan bahwa dirinya sempat mendengarkan beberapa versi yang telah dibuat oleh musisi lain untuk mendapat inspirasi. Dia juga menambahkan sedikit emosi dan bereksperimen dengan suara baru.

"Saya mendengarkannya berulang-ulang, dan kemudian menambahkan string solo dan gitar untuk membuatnya lebih dramatis dan memberikan kemegahan penuh," ungkapnya.

Dipercaya untuk membuat versinya sendiri, penyanyi sekaligus rapper itu mengungkap bahwa dirinya sangat berhati-hati dalam proses produksi. Dia tidak ingin nantinya karya yang dihasilkan menyimpang terlalu jauh dari apa yang sudah melekat dengan Samsung.

"Saya mencoba membuat interpretasi saya sendiri sambil menjaga melodi tetap sama, agar beresonansi dengan audiens yang lebih luas," katanya.

Meski pun lagu "Over the Horizon" adalah lagu instrumental yang tidak memiliki lirik apa pun, Suga mengatakan bahwa melihat dari judul dan perasaan lagu itu masih bisa menginspirasi para pendengar.

"Seperti judulnya, 'Over the Horizon', ini tentang melampaui batas kita. Tidak ada yang tahu apa yang akan terungkap, tetapi impian kita membuat kita melangkah lebih jauh dari sebelumnya," tegasnya.

Lagu "Over the Horizon" sendiri telah dirilis bertepatan dengan acara Unpacked 2021 Samsung, yang merupakan acara tahunan yang menampilkan produk terbary dan terbaik yang mendukung teknologi dan inovasi Samsung.

Acara Unpacked 2021 menandai babak selanjutnya dari kemitraan populer Samsung x BTS. Grup ini bekerja sama dengan merek tersebut pada iklan untuk Galaxy S21 Ultra 5G awal tahun ini, dan meluncurkan kampanye liburan untuk Galaxy Buds Live.

Sebelumnya, BTS juga meluncurkan co-branded Galaxy S20+ 5G dan Galaxy Buds+ BTS Edition, yang menampilkan logo dan ikon hati ungu yang terinspirasi dari BTS.

Rekomendasi