Profil SUGA BTS yang Digandrungi ARMY, Fakta Segudang Prestasinya

| 16 Feb 2023 22:05
Profil SUGA BTS yang Digandrungi ARMY, Fakta Segudang Prestasinya
Suga BTS (Instagram/@agustus)

ERA.id - Suga salah satu personel BTS akan menggelar konser solo di Jakarta untuk pertama kalinya. Kabar dan jadwal konser itu pun diumumkan langsung oleh BIGHIT Music pada 15 Februari malam. Rapper boygrup asal Korea Selatan tersebut diketahui memang mempunyai banyak penggemar di Indonesia. Seperti apa profil Suga BTS?

Suga BTS bakal menemui penggemarnya selama dalam konser selama tiga hari di Jakarta. Konser tersebut akan diselenggarakan di Indonesia Convention Exhibition (ICE BSD) Hall 5-6 pada 26-28 Mei 2023.

Para ARMY di tanah air sudah tidak sabar menantikan tur solo Suga. Suga sendiri tak pernah gagal membuat banyak anak muda kagum dengan talentanya. Ada banyak fakta menarik dan profil Suga BTS yang perlu diketahui penggemarnya. 

Profil Suga BTS

Pria dengan nama asli Min Yoon Gi ini lahir di Daegu, Korea Selatan, pada 9 Maret 1993. Suga menempuh pendidikan terakhir pada Jurusan Seni Liberal di Global Cyber University. Saat ini, pria berzodiak Pisces ini berkarier di bawah naungan HYBE Labels. 

Suga BTS (Instagram/@agustus)

Suga dikenal sebagai musisi bertalenta yang aktif sebagai penyanyi rap, penulis lagu, dan menjadi produser rekaman. Suga bergabung dengan boygroup BTS asal Korea Selatan yang dikelola oleh Big Hit Music.

Suga sudah terjun ke dunia musik sejak berusia 13 tahun. Pria berusia yang pada tahun 2024 berusia 30 tahun ini mengagumi beberapa musisi internasional, seperti Kanye West, Lil Wayne, Lupe Fiasco, dan Hit Boy. Selain bermusik, Suga juga hobi bermain basket dan membaca komik. 

Julukan ‘Suga BTS’ merupakan nama panggung yang ia dapatkan dari CEO. Nama tersebut diberikan karena ia memiliki seperti ‘sugar’ (gula). Selain itu, nama Suga juga merupakan singkatan dari “shooting guard”. Usut punya usut, Suga suka memperbaiki hal-hal rusak, seperti membenahi toilet, mengganti bola lampu, dan sebagainya.

Perjalanan Karier Suga BTS

Suga merupakan salah satu anggota BTS yang dikenal bertalenta dan pekerja keras. Sebelum menjadi trainee, Suga lebih dulu aktif sebagai underground rapper dan produser lagu. 

Lantaran kecintaan pada musik, Suga ingin mengembangkan bakatnya lebih jauh lagi kemudian masuk dalam HYBE Labels. Pada tahun 2013, Suga memulai debutnya sebagai rapper bersama BTS. 

Pada tahun 2016, Suga mendapat kesempatan merisil mixtape pertama kalinya, seperti “Give It To Me” dan “ August D”. Suga kembali merilis mixtape bertajuk D-2 pada tahun 2020. Saat ini dirinya sibuk berkegiatan tampil bersama BTS, melakukan perilisan album, hingga berkolaborasi. 

Karya Suga BTS

Suga merupakan musisi yang produktif mengeluarkan karya-karya lagu mixtape solo hingga untuk artis populer. Bahkan lagu-lagu sudah cukup populer dan disukai penggemarnya. Berikut daftar karya Suga BTS.

  • "Boy In Luv" (Skool Luv Affair) dirilis 2014
  • "I Need U" (The Most Beautiful Momen in Life pt. 1) dirilis 2015
  • "Fire" (The Most Beautiful Momen in Life: Young Forever) dirilis 2016
  • "Eternal Sunshine" (sleepless in______) dirilis 2019
  • "Wine" (Walkin') dirilis 2017
  • "ON" (Map Of The Soul: 7) dirilis 2020
  • "Daechwita" (D-2) dirilis 2020
  • Album mixtape solo:
  • Agust D
  • D-2

Prestasi Suga BTS

Suga banyak digandrungi oleh para Army bukan cuma karena parasnya yang goodlooking dan manis. Namun ia mampu memikat penggemarnya dengan talentanya yang telah menorehkan segudang prestasi. Berikut daftar pencapaian Suga BTS. 

  • "Wine" meraih Hot Trend Award di Melon Music Awards 2017
  • "Song Request" (duet bersama Lee Sora) meraih Best Collaboration di Mnet Asian Music Awards 2019
  • "Eight" (duet bersama IU) meraih Best Collaboration di Mnet Asian Music Awards 2020
  • Mixtape "Daechwita" debut pada posisi teratas dalam Billboard 200 dan menjadi album dalam tangga lagu tertinggi oleh solois Korea di Amerika Serikat
  • "Daechwita" menjadi music video dengan jumlah suka dan tayangan terbanyak oleh solois pada tahun 2020
  • D-2 menjadi album Korea pertama yang berada di posisi pertama dalam Worldwide Apple Music Album Chart 

Tak hanya jago dalam menciptakan lagu, Suga BTS juga berbakat dalam bidang lain. Suga dikenal lihai bermain gitar dan piano, pandai membuat puisi, hingga bermain basket. 

Demikianlah ulasan mengenai profil Suga BTS sebagai salah satu idol yang digandrungi anak-anak muda. Para ARMY tanah air pastinya sudah tidak sabar menghadiri konser solo Suga di Jakarta. Namun terkait pembelian tiket konsernya tersebut belum ada kabar resmi. Harga tiketnya diperkirakan mulai dari Rp1 juta hingga Rp4 juta. 

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Tags : Suga BTS bts army
Rekomendasi