Angelina Jolie Unggah Surat Perempuan Afghanistan yang Ketakutan karena Taliban di Instagramnya

| 21 Aug 2021 09:20
Angelina Jolie Unggah Surat Perempuan Afghanistan yang Ketakutan karena Taliban di Instagramnya
Angelina Jolie (Wikimedia Commons)

ERA.id - Aktris Angelina Jolie akhirnya memiliki akun Instagram demi menyuarakan nasib para perempuan Afghanistan.

Pada Jumat (20/8), Jolie membagikan sebuah unggahan foto surat dari gadis Afghanistan yang diterimanya. Intinya, isi surat tersebut berisi ketakutan tentang Taliban.

Aktris 46 tahun itu langsung dapat setidaknya 3,4 juta followers sejak dia membuat akun Instagram @angelinajolie.

"Surat ini kuterima dari seorang gadis remaja di Afghanistan. Sekarang, orang-orang Afghanistan kehilangan kemampuan mereka berkomunikasi lewat media sosial dan mengekspresikan dirinya secara bebas. Jadi aku gabung Instagram untuk membagikan kisah mereka dan suara-suara dari penjuru dunia yang tengah berjuang untuk mendapatkan hak azasi manusia yang paling utama," tulis Jolie dalam keterangan foto surat bertuliskan tangan.

Jolie menjelaskan bahwa dia 20 tahun lalu berada di perbatasan Afghanistan tepat dua minggu sebelum 9/11 di mana dia bertemu dengan para pencari suaka yang melarikan diri dari Taliban.

"Rasanya memuakkan melihat para penduduk Afghan terpaksa berpindah saat ketakutan dan ketidakpastian kembali mencengkeram negeri mereka. Setelah menghabiskan banyak waktu dan uang, darah dan nyawa hanya untuk ini, ini adalah sebuah kegagalan yang nyaris tak bisa dipahami."

Sutradara film "Unbroken" itu lantas melanjutkan bahwa melihat para pencari suaka Afghanistan selama berabad-abad "orang-orang yang sangat berguna bagi dunia, diperlakukan seolah-olah mereka adalah sebuah beban, sangatlah memuakkan. Seandainya saja mereka punya cara dan kehormatan, berapa banyak hal yang mereka bisa lakukan untuk diri mereka sendiri," tulisnya.

"Dan bertemu banyak perempuan dan anak-anak remaja perempuan yang bukan cuma menginginkan pendidikan, tapi bahkan berjuang untuk itu. Seperti orang-orang lain yang sudah berkomitmen, aku tak akan berpaling. Aku akan cari jalan untuk selalu membantu. Dan kuharap kalian mau bersamaku ikut membantu."

Di dalam Instagram Story-nya, Jolie mengumumkan dia menuliskan sebuah opininya terkait Afghanistan di TIME.

Rekomendasi