Cerita Arumi Bachsin Susahnya Jadi Istri Wagub, Harus Bicara Formal Hingga Dilarang Duduk Menyilangkan Kaki

| 23 Aug 2021 17:25
Cerita Arumi Bachsin Susahnya Jadi Istri Wagub, Harus Bicara Formal Hingga Dilarang Duduk Menyilangkan Kaki
Kehidupan Arumi Bachsin (Dok: YouTube/deHakim Story)

ERA.id - Kehidupan Arumi Bachsin sebagai figur publik berubah drastis sejak terjun ke dunia politik. Dia harus membiasakan diri dengan berbicara formal hingga dilarang duduk menyilangkan kaki.

Sejak suaminya Emil Dardak terpilih sebagai Bupati Trenggalek, kehidupan Arumi Bachsin mendadak berubah. Perubahan itu pun di mulai dari kebiasaannya yang semulai menjadi pembawa acara, kini harus menyampaikan sambutan di depan banyak orang.

"Aku yang biasa nge-MC sekarang tuh tiba-tiba udah bukan nge-MC lagi, tapi pidato, sambutan. Ya Allah aku perasaan udah main sinetron, udah ketemu banyak orang, aku udah percaya diri banget. (Rasanya) beda," kata Arumi Bachsin, dikutip dari YouTube DeHakims Story, Senin (23/8/2021).

Kehidupan Arumi Bachsin (Dok: YouTube/deHakim Story)
Kehidupan Arumi Bachsin (Dok: YouTube/deHakim Story)

Menjabat sebagai Ketua PKK dan berperan sebagai ibu Bupati, Arumi tak menampik dirinya membutuhkan banyak latihan demi terbiasa menjalani tugas dan profesi barunya. Dia bahkan harus berlatih di dalam kamar mandi demi menghilangkan rasa gugup setiap bertemu dengan warga Trenggalek.

Arumi juga tak menampik di masa awal-awal jabatannya dia sering kali melakukan kesalahan. Menurutnya banyak sekali aturan yang harus terbiasa dia lakukan mulai dari cara duduk hingga tutur bahasa yang lebih formal.

"Pasti mah ada (kesalahan) kalau awal-awal. Gak boleh ibu pejabat duduk silangin kaki harus rapat. Kalau lagi duduk ada acara formal gak boleh duduk silang. Terus juga ngomong bahasa Indonesianya tuh beda, misalnya 'Mas Irfan mau gak ini', kalau ini 'Mas Irfan berkenan makan', gitu," jelasnya.

Tidak berhenti sampai di situ saja, pengalaman sekaligus perubahan kehidupan Arumi Bachsin sebagai ibu pejabat juga datang dari seorang ajudan yang menemaninya kemana pun dia berada.

Bahkan di setiap kesempatan, Arumi harus terbiasa dengan pengawalan ketat dari seorang ajudan. Dengan adanya pengawalan dari ajudan ini, Arumi pun sempat canggung dan tidak terbisa akan hal tersebut.

"Aku kaget banget tiba-tiba ada ajudan. Terus juga (ngomongya) 'mohon izin ibu, mohon izin bapak'. Yang paling aku kesel sampai sekarang tuh ya, gak biasa tuh ini 'siap salah!'. Kita baru 'Mas ini kok', 'siap salah ibu', itu lucu banget," ujarnya.

Kehidupan Arumi Bachsin (Dok: YouTube/deHakim Story)
Kehidupan Arumi Bachsin (Dok: instagram/arumibachsin_94)

Meski pun sempat mengalami canggung dan tidak terbiasa dengan adanya ajudan dan kehidupannya, Arumi Bachsin kini sudah mulai terbiasa dengan perannya.

Wanita kelahiran 19 Februari 1994 itu pun menjadikan hal ini sebagai pengalaman yang luar biasa yang tidak pernah direncanakan sedikit pun.

"Ini pengalaman yang luar biasa sih. Gak pernah direncanakan, gak pernah dibayangkan diri ku masuk ke sini," tegasnya.

Apalagi, kata Arumi, dahulu dia tidak terlalu peduli dengan kehidupan banyak orang maupun kegiatan sosial. Namun berkat peran baru itu, Arumi harus belajar banyak dan lebih peduli dengan keadaan sekitar.

Arumi Bachsin dan Emil Dardak menikah pada Agustus 2013. Dari pernikahan itu, mereka dikaruniai dua orang anak. Sejak menikah, Arumi secara otomatis meninggalkan dunia keartisannya demi mengikuti jejak karier sang suami.

Sejak menjabat sebagai Bupati Trenggalek, Emil Dardak kini kian melebarkan kariernya di dunia politi. Sejak tahun 2019 dia tercatat menjabat sebagai Wakil Gubernur Jawa Timur. Sementara Arumi Bachsin menjabat sebagai Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Timur.

Rekomendasi