Sajikan Cerita yang Mirip, Serial Sianida Dikritik oleh Kembaran Mendiang Mirna Salihin

| 01 Sep 2021 14:00
Sajikan Cerita yang Mirip, Serial Sianida Dikritik oleh Kembaran Mendiang Mirna Salihin
Serial SIanida (Foto: IG @sianidatheseries)

 ERA.id - Sejak dirilis di WeTV pada 25 Agustus 2021 lalu, serial Sianida memang sudah mencuri perhatian dan ramai dibicarakan di media sosial. Hal ini lantaran cerita yang disajikan dalam serial ini sangat mirip dengan kisah nyata kejadian kasus pembunuhan Mirna Salihin, yang meninggal usai minum kopi dicampur sianida, saat bersama temannya Jessica Wongso.  

Menanggapi hal tersebut, kembaran mendiang Mirna, Made Sandy Salihin merasa keberatan akan cerita dan penayangan serial ini. Terlebih pihak produksi serial tersebut sama sekali tidak meminta izin atau pun menanyakan kesetujuan keluarganya untuk menggarap film dengan cerita yang mirip kisah Mirna.

"Hanya membiarkan orang-orang tidak beretika, yang tidak ada kesopanan untuk menanyakan keluarga kami dan membuat film bodoh tentang keluarga kami, dan mereka terinspirasi akan itu. Membuat itu viral untuk mereka mendapatkan uang," tulis Made dengan bahasa Inggris, di unggahan Instagram Storiesnya, pada Selasa (31/8/2021).

Made merasa sangat kaget melihat orang yang bekerja dalam serial itu bisa berpikir mendapatkan uang dari penderitaan orang lain. Ia berharap mereka memikirkan perasaan keluarganya sebelum membuat serial tersebut.

Unggahan kembaran Mirna Salihin (Foto: Screenshoot IG Stories)

"Aku kaget bagaimana orang bisa membuat uang dari penderitaan hidup orang lain. Tolong untuk berpikir tentang perasaan orang lain sebelum kalian melakukan itu," lanjutnya.

Pada unggahan selanjutnya, Made mengaku terkejut ternyata tayangan Sianida adalah serial bukan sebuah film, yang membuatnya penasaran akan banyak episode yang akan dibuat. Ia menilai meskipun pihak produksi mengatakan bahwa serial itu fiksi, nyatanya seluruh rakyat Indonesia tahu dengan jelas kisah itu menceritakan tentang kembarannya.

"Kami menutup semua luka dan orang-orang ini masih saja membuka itu untuk keluarga kami. Mau terinspirasi kek mau bilang fiksi semua Indonesia juga tau ini film tentang keluarga siapa. Dan ya aku hanya ingin bersuara, tolong milikilah kesopanan dan hargai keluarga kami," pungkasnya.

Sementara itu, serial Sianida sendiri diproduseri oleh Raam Punjabi dan dibintangi oleh sederet aktor ternama tanah air. Adapun sinopsis dari serial ini adalah bercerita awalnya tentang hubungan sesama jenis Amelia (Jihane Almira) dan Jenny (Aghniny Jaque).

Sayang, hubungan itu harus kandas karena tidak mendapat dukungan dari keluarga mereka, dan Amelia harus menikah dengan lelaki bernama David (Rio Dewanto). Jenny yang masih belum bisa melupakan perasaannya akhirnya mengajak Amelia bertemu di kafe.

Jenny memesankan Amelia secangkir kopi, yang saat diminumnya, Amelia mengalami kejang dan mulut berbusa hingga nyawanya tidak tertolong. Jenny yang bersama Amelia pun dituduh sebagai pelakunya, dan kasus ini mencuri perhatian publik.

Rekomendasi