Kronologi Menghilangnya Selebgram Gabby Petito, Pacar Diduga Jadi Dalang Pembunuhan

Tim Editor

Gabby Petito menghilang (Instagram/gabspetito)

ERA.id - Selebgram Gabby Petito dikabarkan menghilang saat pergi berlibur bersama pacarnya, Brian Laundrie. Laundrie diduga menjadi dalang dari menghilangnya Petito.

Seorang selebgram asal Amerika Serikat dilaporkan mengilang ketika pergi berlibur bersama kekasihnya. Gabby Petito yang merupakan wanita berusia 22 tahun dikenal sebagai selebgram yang gemar melakukan traveling ke berbagai negara.

Gabby tercatat memiliki 720 ribu pengikut di akun Instagram-nya dan sering kali membagikan momen perjalanannya ke berbagai negara. Namun keceriaan itu sirna setelah Gabby Petito dilaporkan menghilang oleh keluarganya.


Gabby Hilang Saat Pergi Bersama Pacar

Gabby Petito menghilang (Instagram/gabspetito )
Gabby Petito menghilang (Instagram/gabspetito )

 

Sebelumnya Gabby Petito dan Brian Laundrie melakukan perjalanan dengan menggunakan campervan untuk melintasi beberapa negara pada Juli 2021. Mereka bahkan mendokumentasikan petulangan tersebut ke media sosial.

Dalam media sosialnya, Petito dan Laundrie merekam banyak momen kebersamaan mereka mulai dari tersenyum, berciuman, dan berlari ke pantai. Video itu diunggah ke kanal YouTube mereka dengan judul "Beginning Our Van Life Journey".

Namun setelah melakukan perjalanan panjang dan menyenangkan, Gabby Petito dilaporkan menghilang. Pihak keluarga melaporkan ke polisi setelah pacar Gabby, Laundrie pulang ke rumah tanpa Gabby di sisinya.

Laundrie kembali ke North Port, Florida, tanpa Petito pada 1 September, menurut polisi. Para penyidik kemudian menemukan van yang ditumpangi pasangan itu di rumah Laundrie di North Port, sebuah kota di Sarasota County.

Sempat Bertengkar Sebelum Menghilang

Gabby Petito menghilang (Instagram/gabspetito )
Gabby Petito menghilang (Instagram/gabspetito )


Dua minggu sebelum dinyatakan hilang, polisi kota Moab di Utah selatan dipanggil atas unsur kekerasan dalam rumah tangga yang melibatkan pasangan itu.

Polisi bahkan merilis rekaman bodycam yang menujukkan Petito menangis dan mengeluh tentang masalah kesehatan mentalnya. Petugas saat itu menyarankan kepada mereka untuk menghabiskan malam secara terpisah.

Pacar Gabby Petito Ikut Menghilang

Gabby Petito menghilang (Instagram/bizarre_design_)
Gabby Petito menghilang (Instagram/bizarre_design_)


Pada saat yang bersamaan pihak berwenang di Florida dilaporkan sedang mencari tunangan Petito, Brian Laundrie. Keluarganya mengatakan kepada petugas bahwa Laundrie menghilang sejak selasa lalu.

Menurut laporan CNN, keluarga Laundrie mengatakan kepada polisi bahwa dia meninggalkan rumah dengan ranselnya pada hari Selasa dan memberi tahu mereka bahwa dia akan pergi ke cagar alam.

"Polisi mengunjungi rumah keluarga Laundrie setelah Petito dilaporkan hilang, tetapi keluarga Laundrie menolak untuk berbicara," kata juru bicara polisi North Port Josh Taylor, dikutip CNN, Senin (20/9/2021).

Polisi Geledah Rumah Brian Laundrie

Gabby Petito menghilang (Instagram/bizarre_design_)
Gabby Petito menghilang (Instagram/bizarre_design_)


Lantaran tidak berhasil mendapatkan informasi tentang Laundrie dan Petito, polisi memutuskan untuk menggeledah rumah Laundrie.

Rumah itu digeledah Jumat malam setelah keluarga Laundrie mengatakan kepada polisi bahwa mereka tidak melihatnya selama berhari-hari. Pengacara keluarga Laundrie Steven Bertolino mengatakan bahwa keberadaan Laundrie "saat ini tidak diketahui,"

Tetapi Richard Stafford, seorang pengacara untuk keluarga Petito, mengatakan dalam sebuah pernyataan singkat kepada CNN, "Semua keluarga Gabby ingin dunia tahu bahwa Brian tidak hilang, dia bersembunyi. Gabby hilang,"

FBI Gunakan Anjing Pelacak

 

Gabby Petito menghilang (Instagram/gabspetito)
Gabby Petito menghilang (Instagram/gabspetito)


Sejak dilaporkan menghilang oleh pihak keluarga, agen FBI dan anjing pelacak pun mulai digunakan untuk mencari Brian Laundrie. Charles Jones, senior pengawas FBI Denver di Wyoming mengatakan penyelidikan ini akan terus berlanjut sampai berhasil menemukan mereka.

"Seperti yang bisa dibayangkan oleh setiap orang tua, ini adalah waktu yang sangat sulit bagi keluarga dan teman-teman. Pikiran dan doa kami bersama mereka. Ini adalah penyelidikan aktif dan berkelanjutan," kata Jones.

Akhir pekan ini, otoritas federal dan lokal melakukan pencarian mereka untuk Laundrie di Carlton Reserve "luas" di Sarasota County, Florida, kata polisi.

Upaya pencarian pun menggunakan bantuan drone dan anjing pelacak yang menggunakan barang-barang pakaian Laundrie yang diambil dari rumahnya untuk mendapatkan aromanya. Polisi awalnya memfokuskan pencarian mereka di taman terdekat sekitar 200 hektar sebelum memperluas ke sisa cagar alam.

"Polisi yakin kendaraan yang dikendarai Laundrie mungkin juga berada di cagar alam, tetapi sejak itu telah dikembalikan ke rumah Laundrie," kata Taylor.

Menurut Taylor, Laundrie memiliki tekanan yang cukup besar untuk memberikan jawaban atau pun keterangan tentang keberadaan tunangannya.

Jenazah Gabby Petito Ditemukan

Gabby Petito menghilang (Instagram/gabspetito)
Gabby Petito menghilang (Instagram/gabspetito)


Menurut laporan CNN, jenazah yang diduga sebagai Gabrielle 'Gabby' Petito berhasil ditemukan di teton County, Wyoming, Minggu (19/9/2021). Jenazah itu ditemukan setelah tim FBI turun tangan untuk melakukan pencarian.

"Sebelumnya hari ini, sisa-sisa manusia ditemukan, sesuai dengan deskripsi Gabrielle "Gabby" Petito. Identifikasi forensik lengkap belum selesai untuk mengkonfirmasi 100 persen bahwa kami menemukan Gabby, tetapi keluarganya telah diberitahu tentang penemuan ini," kata Charles Jones, senior pengawas FBI Denver di Wyoming.

Menurut Jones, penyebab dari kematian Gabby belum ditentukan. Namun proses otopsi telah dijadwalkan pada Selasa (21/9/2021), yang akan mengkonfirmasi identitas melalui foto, identifikasi pribadi atau DNA.

"Sedih dan patah hati mengetahui bahwa Gabby telah ditemukan meninggal. Fokus kami sejak awal, bersama dengan FBI, dan mitra nasional, adalah membawanya pulang. Kami akan terus bekerja sama dengan FBI dalam mencari lebih banyak jawaban," kata pernyataan polisi North Port, dikutip People, Senin (20/9/2021).

Brian Laundrie Tidak Jadi Tersangka

Gabby Petito menghilang (Instagram/gabspetito)
Gabby Petito menghilang (Instagram/gabspetito)


Meski jenazah yang diduga Gabby Petito berhasil ditemukan, polisi sampai saat ini belum menetapkan Brian Laundrie sebagai tersangka utama.

"Penting untuk dicatat bahwa meskipun Brian adalah orang yang berkepentingan dengan hilangnya Gabby, dia tidak dicari karena kejahatan," kata polisi.

Polisi menegaskan sampai saat ini pihaknya masih terus melakukan penyelidikan menyeluruh dan melakukan investigasi terhadap orang hilang, bukan investigasi kejahatan.

"Saat ini kami tidak sedang mengerjakan investigasi kejahatan. Kami sekarang sedang mengerjakan beberapa investigasi orang hilang," tutup polisi.

Namun meski pun polisi tidak menetapkan Brian Laundrie sebagai tersangka, akun Instagram Laundrie saat ini dipenuhi dengan komentar kebencian. Netizen mengklaim bahwa hilangnya Gabby Petito akibat dibunuh oleh Brian Laundrie.

Tag: Selebgram gabby petito gabby petito selebgram hilang

Bagikan: