Dian Sastro Kenang Masa Sulit Saat Kecil, Dijauhi Saudara Hingga Nyaris Bunuh Diri

| 20 Sep 2021 17:00
Dian Sastro Kenang Masa Sulit Saat Kecil, Dijauhi Saudara Hingga Nyaris Bunuh Diri
Masa kecil dian sastro (Dok: Wardah beauty)

ERA.id - Aktris sekaligus produser film Dian Sastrowardoyo mengungkap masa kecilnya yang penuh dengan kesulitan. Dian mengaku dirinya sempat dijauhi oleh saudranya hingga nyaris bunuh diri.

Kehidupan Dian Sastro sebagai seorang aktris papan atas lahir dari usaha keras dan perjuangan dirinya dari keterpurukan di masa lalu. Dian mengaku sebagai anak tunggal hidupnya lebih sering dihabiskan bersama asisten rumah tangga dari pada bersama teman-temannya.

"Sering di rumah dan main di rumah sendirian karena aku anak tunggal. Jadi nongkrong di kamar pembantu itu aku banget. Aku tuh mainnya di dapur ngerecokin mereka masak. Aku tuh anak pembantu banget," kata Dian Sastro, dikutip YouTube Wardah Beauty, Senin (20/9/2021).

Lalu, kata Dian, kehidupannya di masa kecil juga diwarnai dengan berbagai kejadian memilukan yang membuatnya merasa terpuruk. Kala itu, kata Dian, orangtuanya memutuskan untuk berpisah ketika dia masih duduk di bangku sekolah dasar.

Ketika itu Dian, perceraian orang tuanya tidak seperti di dalam sebuah film. Di mana bila ada pasangan yang bercerai akan tinggal terpisah.

"Pas udah kelas 3 SD bapak ibu sempat cerai. Cuma cerainya tuh kayak gak di film-film karena bapak masih tinggal sama kita," ungkapnya.

masa kecil dian sastro (Dok: Wardah beauty)
masa kecil dian sastro (Dok: Wardah beauty)

Dian kemudian mengatakan seumur hidupnya di masa kecil dirinya tidak pernah sekali pun tidur berpisah dari kedua orangtuanya. Hal itu juga tetap dilakukannya ketika ibu dan ayahnya memutuskan untuk bercerai.

Kondisi keluarga Dian Sastro saat itu pun memburuk seiring dengan ayahnya yang dinyatakan meninggal dunia akibat penyakit liver. Dian Sastro yang merupakan anak tunggal pun harus mengalami kehilangan orang-orang tercintanya secara berturut-turut.  

"Aku kelas 1 SMP bapak kena liver dan meninggal. Waktu bapak meninggal kan tahun 1995, mamaku tuh hari Rabu pas baru berangkat ke luar negeri dapat beasiswa s2. Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu, Minggunya bapak meninggal. Jadi kayak in the same week aku si anak tunggal ini benar-benar kehilangan dua figur orangtua," kenangnya.

Lalu, kata Dian, kejadian itu sangat mengerikan bagi dirinya. Sebab kejadian itu terjadi ketika dirinya baru saja memasuki jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Kehilangan ini pun diakui oleh Dian berdampak pada mental dan juga kesehatannya. Bintang film AADC itu mengaku sempat ingin bunuh diri ketika harus menghadapi kenyataan yang dialaminya.

"Aku takut aku jadi orang yang depresi dan stres. (sempat) mikir 'apa udah yah udahan aja deh bunuh diri aja', mungkin it was easier. Itu tuh kepikiran beberapa kali loh," akunya.

Ujian hidup yang dialami oleh Dian Sastro tidak berhenti sampai di situ saja. Ibunya yang menjadi orangtua tunggal bagi dirinya harus mati-matian berjuang untuk menghidupi biaya kehidupan dan juga biaya sekolah Dian saat itu.

Namun perjuangan ibunda Dian dipatahkan oleh sikap saudaranya yang jauh lebih berkecukupan. Dian mengaku saudaranya sempat memandang rendah dirinya lantaran tidak memiliki kehidupan yang setara.

"Jadi om dan tante aku bisnisnya lebih sukses, akhirnya ekonominya lebih kayalah dari kita. Terus kita main ke rumahnya, and then some how aku tuh baru belajar yang namanya 'oh aku gak dianggap just because kita lebih gak punya'," ucapnya.

masa kecil dian sastro (Dok: Wardah beauty)
masa kecil dian sastro (Dok: Wardah beauty)

Kejadian itu pun membuat Dian Sastro memahami adanya rejection atau penolakan, yang bukan hanya dari orang asing namun dari kalangan keluarga. Dian kecil sempat bertanya ke orangtuanya kenapa dirinya diperlakukan seperti itu hingga dia tidak diizinkan untuk meminjam boneka milik saudaranya.

Saat itu ibunda Dian memberi nasihat agar dirinya rajin belajar dan disiplin agar bisa menjadi orang sukses. Ibunya bahkan memberikan motivasi untuk Dian untuk bisa sukses di 10 tahun mendatang.

"Mamaku cuma bisa bilang gini 'Dian kamu inget sekarang mereka bisa gituin kamu, tapi kalau kamu rajin belajar, kamu disiplin sama diri kamu, lihat 10 tahun dari sekarang kamu jadi apa, mereka jadi apa. Dan pada saat kamu jadi orang mama pengen liat mereka jadi orang gak sih dengan ngacuhin orang kayak gitu?" kata Dian Sastro sambil mengingat pesan ibunya.

Pengalaman sulit dan penuh perjuangan itu pun akhirnya terbayar sejak Dian Sastro memutuskan untuk mengikuti Gadis Sampul. Dia berhasil dilirik oleh para sineas industri hiburan dan menjadi salah satu aktris papan atas Tanah Air.

Bahkan Dian Sastro berhasil melebarkan kariernya ke dunia balik layar lewat memproduseri film Guru-Guru Gokil dan menyutradarai film Nougat.

Rekomendasi