Dian Sastro Ungkap Pentingnya Memperlakukan Anak Perempuan dan Laki-laki Setara

| 07 Mar 2024 21:45
Dian Sastro Ungkap Pentingnya Memperlakukan Anak Perempuan dan Laki-laki Setara
Dian Sastro (Era.ID/Yesica Sitinjak)

ERA.id - Aktris Dian Sastro memberikan perhatiannya terkait perlakuan orangtua terhadap anak perempuan dan anak laki-laki.

Hal ini harus dilakukan karena akan berpengaruh pada pemikiran anak dan perilaku mereka di masa depan.

"Peran orangtua itu akan membentuk pola pikir si anak, bagaimana anak melihat dunia, bagaimana dia akan memiliki paradigma dia sendiri. Apa sih artinya perempuan, apakah saya jadi beda dengan saudara saya yang laki-laki," ujar Dian Sastro di acara Graduation Day Perempuan Inovasi, di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, pada Kamis (7/3/2024).

Menurutnya, pemikiran orangtua harus lebih terbuka dalam menghadapi anak-anak. Jangan sampai orangtua memperlakukan anak perempuan dan laki-laki tidak setara atau terlalu banyak perlakuan yang berbeda.

"Aku melihat justru pola pikir orangtua ini yang perlu agak dibua. Jangan sampai membeda-bedakan anak yang laki-laki dan perempuan," tuturnya.

Stereotip gender yang masih ada di masyarakat, yakni anak perempuan dianggap tak cocok mengejar karier sebaiknya dihentikan oleh orangtua.

Jika tidak demikian, menurut Dian Sastro akan membuat anak perempuan tidak percaya diri akan kemampuannya.

"Karena dari awal saja, di rumah bisa saja dia sudah kena 'brain wash' bahwa kamu itu anak perempuan nggak usdah terlalu ambisius. Sekolah tinggi-tinggi juga ujungnya ngurus rumah. Itu sebuah keminderan menjadi satu faktor anak perempuan tidak mau usaha lebih atau maksimal mengasah kemampuannya," jelasnya.

Lebih lanjut, Dian Sastro menjelaskan, perlakuan yang setara dari orangtua ini akan membuat anak perempuan dan anak laki-laki bisa mendapatkan kesempatan yang sama di hidup mereka.

"Kita pengin anak perempuan dan anak laki-laki di kemudian hari memiliki kesempatan yang sama nih. Berarti kan harus ada starting poin yang sama," pungkas Dian Sastro.

Rekomendasi