Foto Teaser aespa untuk 'Savage' Dituding Plagiat, Kenapa?

Tim Editor

Aespa plagiat karya seniman Inggris (Dok: SM Entertainment)

ERA.id - Grup asuhan SM Entertainment aespa kembali menuai sorotan dan kontroversi hebat usai dituding lakukan plagiarisme. Tudingan plagiat itu didasari pada foto teaser "Savage" yang diklaim mirip dengan karya desainer Inggris.

Agensi aespa sebelumnya membagikan teaser lewat foto-foto konsep terbaru menjelang perilisan mini album pertama mereka yang dijadwalka pada 5 Oktober 2021. Sayangnya foto-foto cantik dan menggoda itu menuai kritik usai dianggap plagiat karya desainer asal Inggris, James Merry.

Foto-foto aespa yang mengenakan penutup kepala di atas telah dituduh menjiplak karya James Merry, yang merupakan co-creative desainer untuk musisi Islandia, Bjork. Karya-karya itu sebelumnya sudah dikreditkan sebagai hak paten di balik beberapa headpiece-nya yang menakjubkan.


Namun dugaan plagiarisme itu bukan satu-satunya yang mengarah ke aespa dan SM Entertainment. Salah satu foto Karina yang terbaring di udara dengan kerangka seperti ular melilit ditubuhnya juga ikut dituding plagiat.

aespa dituding plagiat seniman inggris (Dok: Hajime Sorayama via Koreaboo)
aespa dituding plagiat seniman inggris (Dok: Hajime Sorayama via Koreaboo)


Sementara itu, foto konsep Karian dijelaskan sebagai penghormatan kepada ular dalam lagu debut aespa "Black Mamba". Sayangnya netizen tidak bisa tinggal diam melihat kemiripan itu dengan karya ilustrator asal Jepang, Hajime Sorayama.

Dalam karya milik Hajime Sorayama menampilkan seorang wanita dalam posisi di udara atau terbang yang sama dengan robot yang tampak melilit tubuhnya.

Kesamaan itu pun menjadi perbincangan sekaligus perdebatan di kalangan netizen, khsusunya netizen di Korea Selatan. Banyak yang menilai bahwa aespa tidak belajar dari kesalahan sebelumnya.

Sebagaimana diketahui aespa dan SM Entertainment pertama kali terlibat tuduhan plagiarisme untuk lagu "Black Mamba". Salah satu adegan ular di dalam kereta dituding hasil karya contekan dari seniman asal Jerman, Timo Helgert.

Bahkan salah satu penampilan aespa di acara Inkigayo dalam membawakan "Black Mamba" kala itu juga dituduh plagiat dari karya seniman Blake Kathryn.

Hingga saat ini SM Entertainment belum menanggapi tuduhan plagiarisme atas foto teaser "Savage" dari aespa. Sedangkan perilisan mini album tersebut dijadwalkan pada 5 Oktober mendatang.

Tag: aespa aespa plagiat karya seniman Inggris aespa plagiat savage aespa

Bagikan: