Netflix 'Tertawa' Lihat Sinetron Dolanan Game Plagiat Squid Game, Netizen: Digugat Saja!

| 24 Oct 2021 13:26
Netflix 'Tertawa' Lihat Sinetron Dolanan Game Plagiat Squid Game, Netizen: Digugat Saja!
Squid Game (Foto: Instagram/@netflixkr)

ERA.id - Sinetron Dari Jendela SMP (DJS) yang disiarkan SCTV dituding menjiplak serial Netflix Squid Game. Sinetron ini diceritakan anak-anak yang melakukan sebuah game yang dinamai 'Dolanan Game'. Para peserta diwajibkan mengenakan jaket dan celana training warna hijau.

Di dada peserta tertera nomor yang dibuat dari kertas. Sosok penjaga dari Dolanan Game mengenakan jumpsuit serba hitam dan topeng besar dengan gambar segitiga, kotak, dan bulat. Karakter hingga penampilan dari sinetron ini mirip dengan serial Squid Game.

DJS plagiat Squid Game (Foto: Twitter/@moviemenfes)
DJS plagiat Squid Game (Foto: Twitter/@moviemenfes)

Banyak netizen yang mencibir kehadiran sinetron DJS. Akun Twitter @moviemenfes membagikan screenshot adegan DJS yang diduga menjiplak serial Squid Game. Akun itu membagikan empat foto adegan sinetron DJS, mulai dari gambar peserta tereliminasi, karakter peserta, penjaga, hingga permainan.

"Squid game (2021) dengan kearifan lokal mvs," tulisnya.

Balasan dari Netflix Indonesia (Foto: Twitter/@moviemenfes)
Balasan dari Netflix Indonesia (Foto: Twitter/@moviemenfes)

Unggahan itu mendapatkan respon dari akun Netflix Indonesia. Tak berkomentar pedas, akun Twitter Netflix Indonesia hanya merespon dengan balasan berupa gif salah satu pemeran serial Squid Game, Lee Jung Jae.

Gif itu memperlihatkan ekspresi Lee Jung Jae yang awalnya tertawa, sampai akhirnya menjadi diam. Gif dari Netflix Indonesia mendapatkan banyak balasan dari netizen. Mereka justru meminta Netflix untuk segera gugat SCTV atas dugaan plagiat.

"Masa nggak ada keributan sih. Ayo tuntut biar berhenti itu sinetron," tulis akun @aenergy****

"Digugat saja bisa nggak sih itu SCTV. Plagiatnya mending kalau kualitasnya oke atau minimal setara. Ini mah jatuhnya jadi kayak pertunjukan di rawa-rawa anjir. Nggak ada kualitas sama sekali," kata akun @younghan****

"Bisa dituntut plagiat nggak sih itu?" tanya akun @setiawan****

Rekomendasi