Jelang Debut, Teaser Aespa Black Mamba Malah Dituding Plagiat

Tim Editor

Aespa (Dok. Instagram aespa_official)

ERA.id - Girlband baru asuhan SM Entertainment harus dihadapkan dengan kontroversi menjelang debut. Teaser Black Mamba yang berdurasi 38 detik dituding plagiat oleh sejumlah penggemar dan jadi topik hangat yang diperbincangkan. 

Dalam video berdurasi 38 detik yang dirilis oleh SM Entertainment, terlihat keempat member Aespa muncul dalam balutan warna-warni yang ceria. Video itu juga memperlihatkan beberapa adegan menarik sekaligus mengejutkan, seperti munculnya ular hitam berukuran besar di gerbong kereta hingga teknologi AI yang menjadi konsep dari Aespa. 

Sayangnya tak lama setelah video teaser itu rilis, banyak penggemar termasuk seniman asal Jerman, Timo Helgert angkat bicara terkait kemiripan video Aespa dengan karya miliknya. 

Sebagaimana dilansir The Qoo, Timo membagikan video karya miliknya yang ditiru oleh Aespa dibeberapa bagian, seperti adegan ular hitam yang melintas di gerbong kereta. 

"Saya mendapat banyak pesan mengenai ini. Mereka (SM Entertainment) tidak meminta saya dan saya tidak mengerjakannya (video musik aespa). Ini terlihat seperti mereka mencontohnya," tulis Timo Helgert dalam Instagram Story miliknya. 

Tak berhenti sampai di situ saja, Aespa juga dituding plagiat video musik dari POP/STARS grup virtual K/DA. Di mana pengambilan warna neon, konsep avatar atau virtual, hingga karakter yang digunakan oleh Aespa. 

POP/STARS grup virtual K/DA juga menggunakan kereta di dalam video musik miliknya, yang artinya hal ini mirip dengan konsep yang digunakan aespa untuk Black Mamba. Sayangnya SM Entertainment belum angkat bicara maupun klarifikasi kontroversi plagiat yang diarahkan ke artis barunya ini. 

Aespa sendiri dijadwalkan debut pada 17 November 2020 dengan single andalan mereka berjudul Black Mamba. Grup terbaru yang didebutkan oleh SM Entertainment setelah Red Velvet ini memiliki empat member, yaitu NingNing, Winter, Karina, dan Giselle. 

Nama Aespa sendiri diambil oleh Lee Soo Man, petinggi SM Entertainment dari gabungan beberapa kata, seperti avatar, experience, dan aspect. Sesuai dengan kata yang diambil, Aespa akan memiliki konsep member di dunia nyata maupun dunia avatar yang bisa dinikmati oleh para penggemar dengan pengalaman yang baru. 

Tag: korea selatan korea

Bagikan: