Bikin Rumah Tambah Asri dan Cantik, 7 Jenis Pakis Cocok Dijadikan Tanaman Hias di Rumah

| 08 Oct 2021 07:05
Bikin Rumah Tambah Asri dan Cantik, 7 Jenis Pakis Cocok Dijadikan Tanaman Hias di Rumah
Tanaman pakis (Foto: Instagram/@yayukinono)

ERA.id - Tanaman hias pakis dikenal karena keanggunannya yang tak tertandingi dan kehadirannya eksotis. Tanaman pakis datang dalam berbagai warna, bentuk, dan ukuran dengan lebih dari ribuan varietas. Tanaman pakis sangat bervariasi, halus, unik, dan membuat rumah tampil cantik.

Setiap ragam pakis tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing dan membuatmu harus terlebih dahulu mengerti dan tidak salah dalam merawatnya. Ada sejumlah pakis yang bisa kamu rawat sendiri di rumah. Berikut 7 jenis pakis yang bikin rumah makin cantik dan estetik, seperti dilansir dari Real Simple.

1. Pakis boston

Pakis boston (Foto: Real Simple)
Pakis boston (Foto: Real Simple)

Lengkungan yang subur dan bertekstur adalah ciri khas pakis ini. Pakis boston dapat tumbuh cukup besar di pot. Pakis boston menyukai lingkungan yang lembab dan membutuhkan tanah yang lembab secara konsisten. Kamu akan tahu jika kekurangan air karena daunnya menjadi renyah dan garing. Pastikan untuk menjauhkannya dari pemanas atau ventilasi udara, karena terlalu kering untuk pakis boston.

2. Pakis kimberly queen

Pakis kimberly queen (Foto: Real Simple)
Pakis kimberly queen (Foto: Real Simple)

Dengan daunnya yang hijau tua, pakis kimberly queen terlihat sangat mirip dengan pakis boston. Varietas ini sangat baik ditanam di luar di tanah atau di pot atau wadah yang lebih besar. Tanaman jenis ini perlu dipindahkan ke dalam ruangan setelah suhu yang lebih dingin. Di dalam ruangan, pakis kimberly queen lebih suka tempat yang teduh, tetapi dapat mentolerir cahaya sedang jika disiram dengan benar dan berada di lingkungan yang lebih lembab.

3. Suplir

Suplir (Foto: Real Simple)
Suplir (Foto: Real Simple)

Begitu halus dan indah, batang dan daunnya terasa jauh lebih rapuh daripada jenis pakis dalam ruangan lainnya. Suplir jadi salah satu varietas pakis yang lebih temperamental. Suplir membutuhkan jumlah yang tepat dari semuanya. Selain itu, suplir tidak dapat menangani sinar matahari langsung, tetapi membutuhkan cahaya tidak langsung yang cukup untuk membuatnya tetap berkembang.

Suplir juga perlu disemprotkan secara teratur atau disimpan di ruangan yang lembab seperti kamar mandi dan tidak berkembang dalam suhu di bawah 60 derajat Fahrenheit. Tetapi jika kamu dapat menyediakan lingkungan yang tepat, pakis ini akan memberi tampilan yang elegan dan rindang.

4. Pakis sarang burung

Pakis sarang burung (Foto: Real SImple)
Pakis sarang burung (Foto: Real SImple)

Pakis sarang burung tampak berdaun daripada jenis pakis lainnya. Pakis sarang burung relatif mudah tumbuh dan dipelihara. Pakis ini memang sangat cocok bagi pemula. Hal ini membutuhkan cahaya terang tidak langsung dan harus disiram setiap satu hingga dua minggu. Kamu akan tahu kapan waktunya menyiram karena daunnya akan mulai terkulai. Pakis sarang burung tidak beracun dan aman untuk dipelihara rumah.

5. Pakis tanduk rusa

Pakis tanduk rusa (Foto: Real SImple)
Pakis tanduk rusa (Foto: Real SImple)

Kamu mungkin mengenali keindahan ini karena terlihat sangat cantik dipasang di papan kayu, jadi ini adalah pilihan populer untuk taman dinding vertikal. Varietas ini tumbuh dengan baik di bawah sinar matahari yang terang dan tidak langsung. Tetapi, pakis tanduk rusa bisa menjadi sedikit sulit ketika berhubungan dengan air. Terlalu banyak atau terlalu sedikit akan membunuhnya.

Tergantung pada seberapa lembab ruangan, bisa membutuhkan air seminggu sekali (kering) hingga dua hingga tiga minggu sekali (lebih lembab). Jika kamu mulai melihat kecokelatan di bagian dasarnya, maka tanaman terlalu sering disiram. Akan tetapi, jika ujung daun menjadi cokelat, tanaman ini kekurangan air.

6. Pakis kaki kelinci

Pakis kaki kelinci (Foto: Real SImple)
Pakis kaki kelinci (Foto: Real SImple)

Pakis kaki kelinci memang mudah dirawat di dunia pakis. Sama seperti varietas lainnya, paku kaki kelinci tumbuh subur dengan banyak kelembapan dan sinar matahari tidak langsung sedang hingga terang. Simpan di lingkungan yang hangat dan lembab seperti kamar mandi atau luangkan waktu untuk menyemprotkannya secara teratur.

7. Pakis asparagus

Pakis asparagus (Foto: Real SImple)
Pakis asparagus (Foto: Real SImple)

Tampilan pakis asparagus sangat halus dan lembut dan digunakan untuk ramuan. Tapi, hati-hati karena pakis asparagus memiliki duri yang tajam. Ini juga bukan pakis sejati karena menyebar dengan biji, bukan spora. Pakis jenis ini tidak rumit, tumbuh subur dalam cahaya terang dan dapat menangani penyiraman yang terlewat setiap saat. Berhati-hatilah, tanaman ini sangat beracun bagi anjing dan kucing. Maka dari itu, kamu harus menjauhkan mereka dari tanaman pakis asparagus.

Rekomendasi