6 Rekomendasi Tanaman untuk Terrarium dengan Perawatan Mudah

| 23 Sep 2023 08:05
6 Rekomendasi Tanaman untuk Terrarium dengan Perawatan Mudah
Ilustrasi membuat terrarium (pexels)

ERA.id - Terrarium adalah salah satu solusi untuk membuat rumah tampak lebih segar dan indah. Secara umum, terrarium adalah miniatur taman yang ditata di dalam wadah kaca. Tidak harus benar-benar berbentuk seperti taman, yang penting tanaman ditata dengan indah.

Untuk membuatnya, ada beberapa jenis tanaman untuk terrarium yang bisa dipilih. Anda bisa menggunakan tanaman yang Anda sukai atau cocok dengan interior rumah Anda.

Tanaman sukulen untuk terrarium (pexels)

Rekomendasi Tanaman untuk Terrarium

  1. Tanaman pakis

Pakis merupakan tanaman yang punya sustem pembuluh sejati. Tumbuhan ini berkembang biak dengan bantuan spora. Tanaman pakis butuh kelembapan yang tinggi.

Ini menjadi tanaman yang cocok untuk dijadikan tanaman terrarium tertutup. Anda tinggal memilih jenis pakis yang cocok untuk dipajang di rumah Anda.

  • Baby tears

Tanaman mungil ini punya banyak nama panggulan, seperti polluyana vina, mother of thousands, dan corsican's curse. Cukup unik saat tanaman ini diberi nama curse yang bermakna kutukan.

Kemungkinan, penyebab dari penamaan ini adalah baby tears bisa tumbuh sangat lebat hingga mengganggu jika mendapatkan ekosistem yang tepat. Namun, baby tears akan menjadi tumbuhan yang tepat untuk terrarium.

  • Sirih gading

Sirih gading cukup umum dijadikan tanaman hias. Tanaman ini termasuk tanaman yang kuat sehingga kemungkinan mampu tubuh baik di lingkungan terrarium.

Jika Anda membuat terrarium dengan tanaman ini, pangkas daun-daunnya secara teratur agar selalu tampak cantik dan mudah diatur. Sirih gading bisa menjadi pilihan yang tepat bagi orang yang kurang terlalu rajin merawat tanaman sebab tidak butuh banyak air.

  • Lidah mertua

Ini tidak hanya punya bentuk yang indah, tetapi juga manfaat bagi lingkungan dan kesehatan manusia. Lidah mertua bisa menyerap racun di udara sehingga bisa menjadi pembersih udara rumah Anda.

Lidah mertua punya daun yang kaku dan tebal dengan warna hijau belang putih. Tanaman ini punya ukuran yang beragam, tinggal Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Tanaman ini juga tidak susah untuk dirawat sebab bisa diletakkan di dalam ruangan dan di luar ruangan. Selain itu, tanaman ini cukup kuat dan tak butuh banyak air.

  • Tanaman sukulen

Tanaman sukulan tumbuh di lingkungan kering dengan air yang sedikit sehingga mudah untuk dirawat. Tanamam-tanaman ini menyimpan air pada akar, daun, dan batang. Hal tersebut membuatnya punya bentuk yang menarik karena biasanya tampak agak gemuk.

Sukulen butuh lingkungan kering sehingga lebih cocok dijadikan tanaman terrarium terbuka. Anda juga sebaiknya tidak terlalu sering memberikannya air dan tidak memberikan air dalam jumlah banyak agar tidak busuk. Ada banyak jenis tanaman sukulen yang bisa Anda pilih, misalnya adenium, lidah buaya, jathropa, dan euphorbia.

  • Pilea Cadierei

Ini adalah tanaman yang suka dengan lingkungan berintensitas cahaya rendah hingga sedang dan suhu yang hangat. Pada bagian daun terdapat tanda putih hampir berwarna-warni. Ini menjadikan pilea cadierei tampak sangat cantik.

Tanamn pilea cadierei termasuk tanaman yang tumbuh cepat. Jika Anda menjadikannya tanaman terrarium, pemangkasan rutin perlu dilakukan agar bentuknya tetap indah. Tanaman ini juga tak sulit dibiakkan. Anda hanya perlu mengambil potongan kecil akar kemudian menanamnya di tanah lembap.

Itulah beberapa rekomendasi tanaman untuk terrarium yang bisa Anda coba. Untuk mendapatkan informasi menarik lainnya soal dekorasi rumah, ikuti terus Era.id

Rekomendasi